Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Keluar Dari Masalah Karir

3 Cara Keluar Dari Masalah Karir


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Terjebak di dalam masalah yang besar. Ya, kalimat itu mungkin terdengar sedikit mengerikan, bukan? Tidak ada orang yang ingin terjebak di dalam suatu masalah besar sampai berlarut-larut lamanya. Hal ini akan lebih rumit lagi jika masalah besar tersebut terjadi pada kehidupan karier Anda. 
 
Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membantu diri Anda keluar dari masalah karier yang begitu besar, yang mungkin membuat Anda merasa terjebak. 

1. Bertanya Pada Diri Anda "Bagaimana Agar Saya Dapat Melakukannya?"

Jika Anda sedang menghadapi masalah karier, jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak dapat melakukan apapun untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, tanyakan diri Anda “Bagaimana agar saya dapat menyelesaikan masalah ini?” Jadi, setiap kali Anda berpikir bahwa Anda tidak bisa menyelesaikannya, Anda harus segera menampik pemikiran itu dan terus mencari jalan keluar. 
 
Dalam hal ini, kami juga menyarankan Anda untuk segera memulai sesuatu dan ide-ide cemerlang akan hadir sebagai solusi masalah Anda. Jangan menunggu motivasi atau ide-ide untuk datang terlebih dahulu tanpa melakukan apapun.
 
Justru yang terbaik adalah Anda harus memulainya terlebih dahulu dan ide-ide akan menghampiri Anda.

2. Jangan Terjebak dalam Kesalahan Masa Lalu

Sebagian masalah karier yang Anda hadapi mungkin masih memiliki keterkaitan dengan kesalahan yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Ketika Anda menghadapi suatu masalah besar, biasanya Anda berpikir bahwa “Saya pernah mengalami kegagalan yang sama di masa lalu, saya sudah pernah mencoba melakukan hal ini, namun gagal. Mungkin ini alasan mengapa saya gagal kembali setelah melakukan percobaan kedua”.
 
Memiliki pemikiran seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah karier Anda sama sekali. Daripada Anda terus memikirkan kesalahan di masa lalu, akankah lebih baik jika Anda mengatur ulang strategi agar Anda dapat menghindari kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya. 
 
Di sini sekali lagi, kuncinya adalah menyusun ulang proses berpikir. Tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang dapat saya lakukan secara berbeda untuk mendapatkan hasil yang berbeda?”

3. Bertanya Pada Diri Anda "Perlukah Saya Mempelajarinya?"

Tentunya kita tidak dapat mahir pada semua keterampilan yang ada dan sesungguhnya Anda tidak perlu mempelajari semua hal itu. Jika Anda memiliki masalah karier seperti merasa terjebak oleh beberapa keterampilan yang tidak Anda miliki dan merasa sangat menginginkannya, coba Anda cek kembali daftar tersebut dan bertanya pada diri Anda sendiri, “Apakah Anda benar-benar perlu untuk mempelajari semua keterampilan tersebut atau tidak?”.
 
Ada satu pengalaman menarik yang dialami oleh salah satu rekan kerja kami, dia adalah seseorang yang sangat mengagumi orang-orang yang dapat berbicara di depan publik. Dia sangat ingin mempelajarinya dan dia telah mencobanya beberapa kali terutama saat melakukan presentasi di depan klien. Namun, dia mendapati dirinya bukan seseorang yang ahli dalam hal itu. Saya berkata kepada rekan kerja kami tersebut bahwa sebenarnya dia tidak perlu mempelajari keterampilan itu, karena pekerjaan yang dia miliki memang tidak membutuhkannya. 
 
Dia adalah seorang yang sangat kreatif dalam menyusun ide-ide untuk ditampilkan di panggung, dan keterampilan berbicara di depan publik sama sekali tidak berkaitan dengan karier-nya. Dalam kata lain, Anda tidak boleh merasa terhambat terhadap suatu masalah karier yang sebenarnya tidak perlu untuk Anda pikirkan. Ada banyak hal-hal lain yang perlu Anda pikirkan dan itu berkaitan dengan karier Anda. 
 
Beberapa dari kita menganggap suatu hal sebagai masalah karier yang besar. Padahal jika kita cermati kembali, hal-hal tersebut bukanlah suatu penghalang atau masalah yang besar bagi karier Anda. Kita harus pintar dalam mengklasifikasikan masalah, apa yang harus Anda pikirkan dan apa yang harus Anda abaikan. Dan, saya yakin Anda adalah orang yang cerdas dan hebat untuk keluar dari masalah karier yang Anda miliki.