Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 20 Tanda Sudah Cocok Menjadi Pengusaha Muda

20 Tanda Sudah Cocok Menjadi Pengusaha Muda


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
 
Pernah ga sih rekan-rekan Career Advice melamun dan tiba-tiba berpikir untuk membuat bisnis sendiri? Jika pernah, coba deh baca artikel ini lebih lanjut. Mana tahu ternyata rekan-rekan Career Advice memang sudah cocok menjadi pengusaha muda loh! Yuk, kita simak 20 tanda di bawah ini untuk benar-benar meyakinkan apakah kita sudah pantas membangun bisnis sendiri dan menjadi pengusaha muda, atau masih perlu berlatih lagi? 
 
1. Selalu Berpikir untuk Membangun Bisnis Sendiri. 
Ini adalah tanda paling utama yang dapat meyakinkan kita bahwa kita sudah cocok menjadi seorang pebisnis atau pengusaha muda. Setiap hari selalu kepikiran terus, “kalau saya buat bisnis ini bagaimana ya?” atau “wah, produk ini belum ada yang jual nih!” dan lain sebagainya. Rekan pembaca benar-benar yakin bahwa memulai bisnis adalah awal yang sangat baik. 
 
2. Selalu Bersemangat Mencari Ide Baru dan Cara untuk Mewujudkannya. 
Bersemangat! Ini adalah sikap yang sudah melekat di dalam diri. Rasanya tiada hari tanpa bersemangat memikirkan ide-ide bisnis baru, memutar otak untuk mencari jalan terbaik dalam memulai bisnis, bersemangat untuk mencari modal, dan lain sebagainya. 

3. Sudah Menjadi Seorang yang Mandiri. 
Apabila rekan pembaca sudah berhasil menjadi seorang yang selalu mandiri, tidak takut menghadapi tantangan apapun karena Anda yakin bahwa masalah apapun bisa diselesaikan dengan baik oleh upaya yang rekan pembaca berikan. Ini mengindikasikan bahwa rekan pembaca juga sudah siap membangun bisnis atau perusahaan sendiri.
 
4. Selalu Termotivasi dengan Baik. 
Dalam hal motivasi, rekan pembaca bukanlah seorang yang harus mendapatkan semangat dan dukungan dari orang lain, karena semua sumber motivasi datang secara alami dari dalam diri Anda sendiri. Nah, rasa motivasi yang stabil ini akan mengarahkan rekan pembaca untuk memulai bisnis dari sekarang. 

5. Selalu Terorganisir.
Sebagai calon pengusaha muda, kita dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan dalam berorganisasi. Jauh sebelum bisnis kita berkembang dan dapat merekrut beberapa karyawan sebagai akuntan, layanan pelanggan, dan lain sebagainya, diri kita adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan. Jadi, apabila rekan pembaca adalah orang yang selalu terorganisir dengan baik dan memiliki banyak keterampilan, mulailah bisnis Anda dari sekarang untuk menjadi pengusaha muda!
 
6. Meyakini bahwa Kita Perlu untuk Membantu Orang Lain. 
Tanda keenam adalah kita merasa mendapat ‘panggilan’ untuk membantu orang lain. Dalam hal ini, bantuan berupa produk atau layanan yang ingin kita buat dan tawarkan kepada banyak orang. Bisnis yang baik bermulai dari niat yang tulus untuk membantu dunia dalam memecahkan masalah yang ada. 
 
7. Meyakini bahwa Kita dapat Membangun Perusahaan yang Lebih Baik.
Mungkin ini sedikit terdengar egois, namun tanda signifikan lainnya adalah rekan pembaca benar-benar yakin bahwa Anda dapat membangun sebuah perusahaan yang jauh lebih baik daripada perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.  

8. Sering Merasa Mandek pada Pekerjaan yang Sedang Digeluti Sekarang.
Apakah rekan pembaca merasa takut bangun di pagi hari? Pekerjaan yang berlangsung dari jam 9 pagi sampai 5 sore sudah bukan hal yang membuat rekan pembaca bersemangat lagi? Atau, mungkin saat bekerja pikiran Anda merasa mandek atau buntu? Jika ya, ini adalah tanda bahwa rekan pembaca perlu segera membuat bisnis yang baru dengan hal-hal yang selalu membuat Anda termotivasi. 
 
9. Sangat Ingin Membuktikan Visi Hidup.
Setiap ide yang rekan-rekan Career Advice ungkapkan kepada orang lain selalu dianggap remeh oleh mereka, “ah mana mungkin sih?!” atau “saya rasa ide kamu itu tidak masuk akal deh!” Semua ucapan mereka semakin membuat rekan pembaca penasaran untuk membuktikan visi hidup yang dibuat. Jangan menyerah, inilah saat yang tepat bagi rekan pembaca untuk memulai bisnis dan menjadi pengusaha muda, semangat!
 
10. Sangat Ingin Membuat ‘Nama’ untuk Diri Sendiri.
Kebanyakan pengusaha sukses dan pemilik bisnis yang hebat selalu menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan yang lebih, sehingga mereka merasa perlu untuk membangun legacy atau warisan yang dapat memberikan kontribusi besar bagi Bangsa dan dirinya sendiri. 
 
11. Termotivasi untuk Menjadi Bos Diri Sendiri.
Kebanyakan karyawan yang meninggalkan pekerjaannya, lalu berusaha untuk membuat bisnis sendiri dikarenakan ingin menjadi bos bagi dirinya sendiri. Tekanan yang selama ini mereka dapatkan di kantor membuat mereka tidak bisa berkreativitas dengan penuh, sehingga mereka percaya bahwa menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan orang lain adalah solusi terbaik. 
 
12. Tidak Pernah Takut untuk Mengambil Risiko.
Mungkin bagi rekan pembaca, risiko adalah petualangan yang sangat mengasyikkan sehingga perlu diambil untuk menjelajahi hal-hal baru. Ini bagus! Berani mengambil risiko adalah salah satu kriteria penting yang perlu dimiliki oleh para pengusaha sukses, dan Anda sudah cocok menjadi pengusaha muda!

13. Perjalanan Rumah-Kantor yang Sangat Melelahkan.
Ini berlaku bagi para pembaca Career Advice, terutama yang selalu bepergian kerja dari rumah Anda ke Jakarta, atau dari Jakarta ke kota tempat Anda bekerja. Ini mengharuskan kita untuk menjadi komuter dari satu tempat ke tempat lainnya, setiap hari! Belum lagi dengan polusi dan kemacetan di Jakarta yang membuat kita hampir menyerah. Mungkin ini saatnya rekan-rekan Career Advice memulai bisnis sendiri, meskipun itu bisnis rumahan. 
 
14. Memiliki Etos Kerja yang Kuat.
Rekan pembaca adalah seorang yang memiliki etos kerja yang sangat kuat. Bukan hanya rela bekerja selama 7-8 jam dalam sehari, namun Anda juga mampu bekerja secara giat selama 10-12 jam setiap harinya. Nah, daripada rekan pembaca bekerja keras untuk perusahaan orang lain, kenapa tidak bekerja keras untuk perusahaan sendiri saja? 

15. Sangat Ingin Membangun Tim Sendiri.
Keinginan dan keyakinan kuat yang rekan pembaca miliki untuk membangun tim sendiri adalah tanda yang signifikan bahwa Anda sudah cocok untuk memulai bisnis dan menjadi pengusaha muda. Dalam hal ini, rekan pembaca bisa mencari orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama untuk memulai perjalanan bersama Anda. 
 
16. Produk atau Layanan yang Ingin ditawarkan Belum Tersedia di Pasaran.
Melihat perkembangan pasar, rekan pembaca berhasil menemukan produk atau layanan baru yang dapat memecahkan suatu permasalahan di masyarakat, sehingga rekan pembaca benar-benar yakin bahwa produk atau layanan tersebut akan sangat berguna bagi banyak orang. Terlebih lagi, produk atau layanan yang Anda maksud belum ada di pasaran, dan inilah saat yang tepat untuk Anda menguasai bidang pasar yang baru.

17. Kreativitas di dalam Diri sudah Tidak dapat Terbendung Lagi. 
Selama ini rekan pembaca memiliki banyak ide-ide cemerlang. Sayangnya, ide-ide tersebut tidak dapat diterapkan di perusahaan tempat Anda bekerja karena satu dan lain hal. Perasaan ini sangat mengganggu Anda, sehingga kreativitas di dalam diri sudah tidak dapat terbendung lagi. Yap! inilah saatnya keluar dari pekerjaan Anda dan wujudkan segala ide-ide yang telah tertahan sejak lama. 
 
18. Bijaksana dalam Memecahkan Masalah. 
Apakah rekan pembaca adalah tipe orang yang bijaksana dalam memecahkan masalah? Jika “ya”, keren! Ini adalah tanda bahwa rekan pembaca layak menjadi pengusaha muda yang sukses. Anda tidak takut dan kelabakan dalam menangani serta menyelesaikan masalah, melainkan menghadapinya dengan penuh ketenangan dan memecahkannya secara bijak. 
 
19. Tidak Pernah Takut Gagal.
Rekan pembaca begitu yakin bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Manusia hanya mampu berencana dan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkan impian mereka, namun kegagalan adalah hak mutlak yang bisa Tuhan berikan kepada kita. Namun, rekan pembaca tidak pernah takut dengan kegagalan, bagi Anda kegagalan adalah peluang baru yang sangat berharga. 
 
20. Keinginan untuk Membangun Bisnis yang akan dibanggakan oleh Anak-anak di Masa Depan.
Rekan pembaca ingin apa yang Anda buat dan bangun hari ini akan menjadi kebanggaan yang sangat istimewa bagi anak-anak Anda di masa yang akan datang. Ini bertujuan agar mereka juga memiliki semangat yang besar seperti saat rekan pembaca membuat perusahaan milik sendiri. 
 
Bagaimana nih rekan-rekan? Apakah dari 20 tanda-tanda di atas sudah ada beberapa tanda yang ada di dalam diri rekan pembaca? Jika ya, keren! Apalagi jika ke-20 tanda tersebut sudah Anda miliki. Wih, ini sih namanya rekan pembaca sudah siap dan cocok menjadi pengusaha muda yang sukses. Yuk, terus bersemangat dalam mengejar segala impian hidup kita!
Featured Career Advice
Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Happiness

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

Self Improvement

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

Self Improvement

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

Self Improvement

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

Self Improvement

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

10 Kebiasaan Milenial yang Berbeda dengan Baby Boomers

Generation Millennials & Z