Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 20 Cara Hidup Bahagia tanpa Beban

20 Cara Hidup Bahagia tanpa Beban


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Bahagia, siapa sih yang tidak ingin memiliki hidup yang bahagia di dunia ini? Saya yakin semua dari kita pasti menginginkan kebahagiaan untuk menghiasi hari-hari kita. Sudah menjadi sifat alamiah manusia yang selalu menginginkan kebahagiaan dan menjauhi kesakitan atau penderitaan. Nah pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat tentang 20 cara hidup bahagia tanpa merasa beban, yang bisa diterapkan oleh kita semua. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 
1. Fokus pada Hal Positif.
Berpikir negatif adalah racun yang menjauhkan kita dari hidup yang bahagia. Jadi, berhentilah berpikir negatif dan mulai berpikir hal-hal positif yang ada di sekitar kita, atau hal positif yang menjadi tujuan kita. Luangkan waktu satu sampai dua menit setiap harinya untuk berpikir hal-hal yang positif dan tentunya menyenangkan. Misalnya, “saya sangat bersyukur atas segala hal yang saya miliki”. Jangan pernah meremehkan kata-kata positif yang kita sampaikan kepada diri sendiri. 
 
2. Merayakan Setiap Prestasi yang Diraih.
Pernah merasakan gagal itu hal yang wajar, tidak perlu sedih. Yuk, hibur diri kita dengan semangkuk ice cream saat kita menghadapi kegagalan, meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Selain kegagalan, kita juga perlu mengapresiasi diri dengan merayakan setiap prestasi diri yang kita raih. Misalnya, kita mendapat pujian dari klien yang sebelumnya sangat menyebalkan. Wah, itu sebuah prestasi loh! Traktir diri Anda dengan mie ayam kesukaan atau makanan favorit lainnya juga boleh. 
 
3. Memiliki Keseimbangan Hidup antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi. 
Banyak orang yang merasa stres dan tidak bahagia dengan pekerjaan dan kehidupan mereka, karena mereka gagal untuk menyeimbangkannya. Untuk memiliki kehidupan yang bahagia tanpa beban, kita harus bisa menyeimbangkan keduanya. Jangan mencampur-adukkan masalah pekerjaan ke dalam urusan keluarga, begitu juga sebaliknya. 
 
4. Berdoa secara Rutin. 
Apakah rekan pembaca merasa kehidupannya sangat menyedihkan dan penuh dengan beban? Mungkin salah satu alasannya karena kita kurang berdoa kepada Tuhan. Hubungan vertikal antara kita dan Tuhan sangatlah penting. Dengan menceritakan segala keluh kesah kita kepada Tuhan, beban kita akan terasa lebih ringan. 
 
5. Melakukan Kegiatan Kreatif. 
Coba deh bergabung dengan aktivitas-aktivitas yang mengasah kreativitas kita. Kami jamin rekan-rekan pembaca akan merasa lebih terhibur dan bahagia dengan kehidupan Anda. Kebanyakan orang yang kreatif akan jarang merasa stres atau sedih loh. Kenapa begitu? Karena mereka selalu mengimajinasikan kesedihan dengan hal-hal yang menyenangkan. Sehingga, kehidupan mereka terbebas dari beban. 
 
6. Menerima Ketidaksempurnaan Diri Sendiri.
Perasaan tidak bahagia dalam kehidupan yang kita jalani seringkali berasal dari sikap kita yang tidak bersyukur atau tidak bisa menerima kenyataan hidup. Kunci kebahagiaan adalah menerima apa adanya kita, tanpa berandai-andai tentang hal yang mungkin tidak akan terjadi. Kita perlu membedakan antara tujuan yang bisa dicapai dan tujuan yang tidak bisa dicapai.
 
Misalnya, saya merasa tidak bersyukur dengan tinggi tubuh yang sekarang, namun umur saya sudah 40 tahun, yang mana akan sulit untuk menambah tinggi badan saya, daripada saya iri melihat orang lain yang lebih tinggi dari saya, lebih baik saya bersyukur dan menerima ketidaksempurnaan diri saya dengan bahagia. 
 
7. Lakukan Apa yang Kita Sukai.
Jangan pernah mau terkungkung dengan pekerjaan yang sama sekali tidak masuk ke dalam kategori kesukaan kita, atau sesuatu yang bisa kita kerjakan namun tidak pernah menghasilkan hasil yang baik. Mengapa? Karena memang keahlian kita bukan di bidang tersebut. Lakukan apa yang kita sukai, yang membuat kita bahagia, maka hidup kita akan terbebas dari segala beban yang menyakitkan. 
 
8. Menggunakan Uang dengan Bijak. 
Dengan mengeluarkan uang secara bijak, kita akan terhindar dari kata ‘defisit’ dan terhindar dari hutang-hutang yang sebenarnya tidak penting. Orang-orang yang terhindar dari beban keuangan akan memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan menyenangkan. Jadi, jangan sampai hidup kita terkontrol dengan uang ya, rekan-rekan. 
 
9. Hidup di Waktu Sekarang.
Apakah rekan pembaca masih merasa belum move on dari kehidupan masa lalu Anda? Atau, rekan pembaca terlalu mengkhawatirkan kehidupan di masa depan? Wah keduanya itu hanya bisa membuat kita pusing tujuh keliling loh. Yuk, miliki hidup bahagia dengan berhenti mengkhawatirkan dua hal tersebut. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran yang berarti dan jadikan masa depan sebagai tujuan yang perlu kita usahakan, bukan untuk dikhawatirkan. OK?
 
10. Tanamkan Rasa Berterima Kasih.
Coba deh rekan-rekan pembaca temukan cara untuk menumbuhkan rasa terima kasih setiap hari. Rasa berterima kasih akan menumbuhkan rasa syukur kita kepada Tuhan dan kepada orang-orang di sekitar kita. Hasilnya? hidup kita akan terasa lebih indah dan kebahagiaan akan datang menghampiri kita. 
 
11. Memberi kepada Sesama. 
Menjadi seorang yang bermurah hati dengan waktu dan uang yang kita miliki, sudah pasti dijamin kebahagiaannya. Sikap saling memberi kepada sesama akan memunculkan rasa syukur kita kepada Tuhan atas segala hal yang kita miliki sekarang. Kita akan berpikir bahwa hidup kita jauh lebih beruntung daripada orang lain, sehingga kita terpanggil untuk membantu mereka dan merasa bersyukur atas segala hal yang kita miliki sekarang. 
 
12. Berteman dengan Orang-orang yang Baik dan Positif. 
Memilih teman yang baik dan tepat untuk selalu berada di sisi kita adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai kita salah memilih teman, karena teman yang negatif akan membawa pengaruh yang negatif untuk kehidupan kita, begitu juga sebaliknya. Jadi, kita pilih teman-teman yang positif saja ya. 

13. Mendengarkan Musik Kesukaan.
Beberapa orang akan merasa lebih terinspirasi dan semangat ketika mereka mendengarkan musik atau lagu kesukaan mereka. Jika hal ini memang dapat membantu rekan pembaca untuk merasa lebih bahagia, kenapa tidak? Putar sekarang lagu favorit Anda. 

14. Menjadi Diri Sendiri. 
Percaya deh, menjadi orang lain itu sangat menyulitkan kita. Ribet dan terlalu banyak tuntutan. Lebih baik menjadi diri sendiri, tanpa harus berusaha menjadi orang lain. Yuk, sayangi dan cintai diri kita dengan bangga menjadi diri sendiri. 
 
15. Membangun Hubungan yang Bermakna.
Kebahagiaan, cinta dan persahabatan berjalan dengan beriringan. Sebagai manusia, kita memiliki kebutuhan mendasar untuk berinteraksi dan terhubung dengan orang lain, karena kita adalah makhluk sosial. Memiliki hubungan yang bermakna dengan orang-orang di sekitar kita akan membuat kita merasa lebih bahagia, tanpa ada beban hidup. 
 
16. Berhenti Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain. 
Membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain hanya akan membuat hidup kita menjadi lebih sulit. Jadi, berhenti yah membandingkan diri kita dengan mereka. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah fokus terhadap tujuan hidup yang kita miliki dan mengapresiasi setiap pencapaian diri.
 
17. Berhenti Bersikap Khawatir. 
Selalu khawatir tentang segala sesuatu hanya akan menciptakan kecemasan di dalam hidup. Apabila kita benar-benar menginginkan kehidupan yang bahagia dan terbebas dari beban, hindari kekhawatiran kita pada kehidupan. Biarkan hidup berjalan dengan apa adanya. 
 
18. Jalan-jalan dengan Orang-orang yang Bahagia. 
Tahu ga sih rekan-rekan, rasa bahagia itu ternyata menular loh! Jadi, jika rekan-rekan Career Advice selalu berdekatan atau pergi jalan-jalan dengan orang-orang yang bahagia, maka kebahagiaan mereka juga akan tertular kepada Anda. 
 
19. Menghabiskan Waktu dengan Alam. 
Alam akan membawa kita pada ketenangan hidup. Apabila kita ingin memiliki hidup bahagia, sering-seringlah bercengkrama dengan alam. Hiruk pikuk kota dan polusi hanya akan membuat hidup kita menjadi semakin stres dan semrawut. 
 
20. Bernostalgia dengan Memori Lama yang Membahagiakan. 
Kami yakin ada begitu banyak hal-hal yang sangat membahagiakan di dalam kehidupan kita di masa lalu. Misalnya, kita pernah terpilih menjadi karyawan teladan setahun yang lalu dan hal tersebut menjadi kenangan yang sangat manis. Rekan pembaca bisa mengingat-ingatnya kembali dan menjadikannya sebagai penyemangat untuk meraih prestasi selanjutnya. 
 
Itulah 20 cara hidup bahagia tanpa beban yang bisa kita terapkan agar hidup kita menjadi lebih indah dan bermakna. Yuk, kita terapkan 20 cara di atas untuk hidup yang lebih bahagia. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
10 Cara Membangun Customer Engagement

Customer Service

10 Cara Membangun Customer Engagement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

Self Improvement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Happiness

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya