×
STUDILMU Career Advice - 15 Cara Agar Berhasil Melewati Wawancara Kerja
Resume & Interviewing

15 Cara Agar Berhasil Melewati Wawancara Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice, bagaimana kondisi karier Anda sekarang? Apakah rekan pembaca sedang berusaha mencari pekerjaan baru? Atau, mungkin pembaca sedang mempersiapkan wawancara kerja untuk pekerjaan pertama Anda? 
 
Tidak dapat dipungkiri bahwa sesi wawancara adalah hal yang cukup menakutkan bagi sebagian orang. Namun, rekan-rekan Career Advice tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada 15 cara agar berhasil melewati wawancara kerja. Penasaran? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Cantumkan Daftar Keberhasilan Di Luar Tugas Utama Kita

Dalam wawancara, kita seringkali menceritakan kepada perekrut tentang tugas-tugas utama kita di perusahaan sebelumnya. Namun, ternyata ada cara yang lebih baik dari hal ini. Untuk membuat kita berbeda dengan kandidat yang lainnya, kenapa kita tidak coba untuk menceritakan semua pencapaian yang kita lakukan di luar tugas utama kita? Itu keren kan! Perekrut akan lihat kehebatan kita, bahwa kita bukan hanya dapat menyelesaikan tugas utama yang diberikan, namun lebih dari itu. 
 

2. Pelajari Latar Belakang Perusahaan

Ini yang sering terlewatkan oleh para anak muda yang melamar pekerjaan. Kesalahan besar yang umum dilakukan adalah tidak mencari tahu latar belakang perusahaan atau organisasi tersebut. Coba deh bayangkan, bagaimana kita mau bekerja di sebuah perusahaan, jika kita saja tidak tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa? Apa visi misi perusahaan? Produk atau jasa apa yang mereka jual? Dan lain sebagainya. 
 

3. Jangan Ulangi Isi Surat Lamaran 

Jangan membuat perekrut bosan dengan jawaban yang kita berikan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan tidak mengulangi segala pernyataan yang kita tulis di dalam surat lamaran. Sebelum wawancara dimulai, para perekrut akan membaca konten surat lamaran Anda terlebih dahulu. Jadi, jangan sampai kesempatan emas di sesi wawancara malah kita gunakan untuk mengulangi hal yang sama. 
 

4. Prediksi Pertanyaan Spesifik dari Industri Kita

Setiap bidang industri pasti memiliki pertanyaan spesifik yang berbeda-beda. Nah, rekan pembaca harus tahu bidang industri apa yang kita selami, sehingga kita dapat memprediksi pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan saat sesi wawancara berlangsung. 

5. Ingat Perusahaan dan Kapan kita Bekerja di Tempat Sebelumnya 

Secara tidak langsung, penting bagi kita untuk mengingat kapan kita mulai bekerja di perusahaan A dan kapan kita mulai bekerja di perusahaan B. 
 
Jangan sampai saat perekrut bertanya tentang perusahaan kita sebelumnya, kita malah bingung dan kagok menjawabnya. Ini dapat membuat perekrut menjadi bingung, apakah kita benar-benar pernah bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. 
 

6. Perhatikan Rekam Jejak Digital 

Jangan merasa tenang jika kita sudah berhasil dipanggil ke sesi wawancara, karena ini belum berarti kita berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut. Kemajuan teknologi sangat memudahkan para perekrut untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang kita di dunia maya. Dengan menggunakan internet, mereka bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang aktivitas sosial kita secara online. 

7. Ketahui Lebih Lanjut Tentang Posisi yang Dilamar

Dikarenakan mencari pekerjaan di zaman sekarang semakin sulit, tidak sedikit dari kita yang main asal lamar pekerjaan tanpa berpikir lebih jauh tentang posisi yang kita lamar. Intinya, kita harus mengetahui lebih dalam tentang posisi kerja yang kita lamar. Beberapa pertanyaan mungkin bisa diajukan kepada diri sendiri seperti, “Apakah saya akan melakukan tugas yang sama dengan posisi kerja sebelumnya?”, “Apakah jabatan ini merefleksikan tanggung jawab yang akan saya pegang? Dan, lain sebagainya. 
 

8. Ketahui Lebih Lanjut Alamat Lokasi Wawancara

Hindari datang terlambat atau nyasar ke lokasi lain yang bukan alamat lokasi wawancara kita. Usahakan untuk datang 30 menit sebelum waktu wawancara dimulai, karena datang terlambat dapat membuat pikiran kita menjadi kacau dan tidak fokus dengan sesi wawancara. Ini juga dapat mengurangi peristiwa yang tidak terduga yang mungkin saja bisa terjadi dan menjadi penghalang kita datang wawancara dengan tepat waktu. 

9. Berpakaian yang Rapi dan Profesional 

Pakaian juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan wawancara kerja. Siapkan pakaian terbaik kita sebelum datang ke sesi wawancara. Pastikan pakaian yang kita pilih, wangi, bersih, rapi dan profesional. Berikan kesan terbaik dari pakaian yang kita kenakan. 
 

10. Cetak Surat Lamaran Lebih Banyak 

Bersiaplah untuk menghadapi segala ketidakpastian yang bisa saja terjadi. Kami menyarankan pembaca Career Advice untuk mencetak surat lamaran dua atau tiga lembar, karena mencetak satu lembar surat lamaran sangat berisiko tinggi. Kita tidak ada yang tahu jika tiba-tiba surat lamaran kita terkena air, kotor atau mungkin sobek. 
 

11. Konfirmasi Ulang dengan Referensi Kita

Saat rekan pembaca mendapatkan undangan wawancara, coba konfirmasi ulang kepada orang-orang yang menjadi referensi Anda, sebagai pengingat yang halus bahwa Anda telah dipanggil untuk memenuhi sesi wawancara di perusahaan tersebut. Ini untuk menghindari lupa bahwa mereka pernah menjadi bagian dari referensi surat lamaran Anda.
 

12. Berlatih Menjawab Pertanyaan Wawancara 

Practice makes perfect. Yap, ini memang benar adanya. Agar rekan pembaca tidak tegang dan kaku saat menjawab pertanyaan wawancara nanti, cobalah untuk latihan menjawab pertanyaan wawancara dengan orang lain. Bisa dengan rekan kerja, sahabat, atau keluarga kita. Jika jawabannya masih kaku dan ragu, ulangi terus sampai lancar ya. 

13. Siapkan Beberapa Pertanyaan untuk Pewawancara 

Tidak hanya berlatih menjawab pertanyaan wawancara, tetapi akankah lebih baik jika kita juga menyiapkan beberapa pertanyaan terkait dengan posisi kerja, budaya perusahaan, atau harapan karyawan yang mereka inginkan. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait, ini akan mengindikasikan bahwa kita benar-benar serius ingin bekerja dengan perusahaan tersebut. 

14. Siapkan Beberapa Anekdot Tentang Pertanyaan dengan Metode STAR

Dalam sesi wawancara, perekrut mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang perilaku kita. Namun, mengantisipasinya saja tidak akan cukup. Kita harus memiliki anekdot yang dapat digunakan dalam menjawab pertanyaan seperti ini. Nah, metode STAR di bawah ini bisa membantu: 
S adalah situasi: “Apa latar belakang dari situasi tersebut?”
T adalah task atau tugas: “Apa tugas yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masalah?”
A adalah action atau aksi: “Apa yang dapat kita lakukan dalam situasi tersebut?”
R adalah result atau hasil: “Apa hasil dari tindakan yang kita lakukan?”
Dengan teknik ini, kita dapat memberikan jawaban yang lebih mendalam dengan pengalaman yang faktual.

15. Cari Tahu Kelemahan Kita

Perekrut akan bertanya “Apa kelemahan yang kita miliki?” ini pertanyaan yang sederhana, namun cukup sulit untuk dijawab. Jadi, agar kita tidak bingung dan menghindari jawaban yang tidak tepat, maka ada baiknya untuk mempersiapkannya di awal. Jawab pertanyaan tersebut dengan jujur, sehingga perekrut dapat menghargai kejujuran kita dan kita akan dipandang sebagai pelamar yang bertanggung jawab.
 
Yap, itu dia 15 cara agar berhasil melewati wawancara kerja. Oh ya, ada satu tambahan penting dari 15 cara di atas yaitu, miliki istirahat yang cukup sehari sebelum kita datang ke sesi wawancara. Dengan memiliki istirahat yang cukup, kita akan menjadi lebih fokus dan tenang saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh perekrut. 

Featured Career Advice