Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Pertanyaan Cara Berpikir Kritis

10 Pertanyaan Cara Berpikir Kritis


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Apa itu Berpikir Kritis? 
Berpikir kritis adalah berpikir dengan analisis yang tajam, sehingga kita tidak akan mudah percaya dan mudah setuju dengan segala apapun yang berlaku dan terjadi di dalam kehidupan kita. Berpikir kritis juga bisa membuat kita berpikir lebih positif. Seseorang yang selalu berpikiran negatif, ketika dirinya berusaha untuk berpikir secara kritis, maka dia akan memikirkan dua konsekuensi dari setiap peristiwa yang berlaku yaitu, nilai positif dan negatif. 
 
Hal ini akan membantu dirinya untuk terlepas dari dominasi pikiran negatif dan mau memberikan ruang pada pikirannya untuk berpikir positif. Berpikir kritis juga akan membantu kita untuk terhindar dari kesalahan dan kekeliruan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berpikir secara kritis dalam menilai segala sesuatu. 
 
Bagaimana cara agar Kita Berpikir Kritis? 
Sebuah pepatah bijak mengatakan bahwa: 
“Nilailah seseorang dari pertanyaan yang diberikannya, bukan dari jawabannya. Karena mengajukan pertanyaan yang tepat adalah jawabannya.”
 
Pepatah tersebut secara tidak langsung telah mendorong kita semua untuk mau berpikir secara kritis dan positif, sehingga kita akan lebih mudah untuk menemukan jawaban-jawaban yang membingungkan di dalam hidup kita. 
 
Dengan kata lain, jika rekan-rekan Career Advice tidak ingin merasa galau dengan kehidupan yang dihadapi saat ini, rekan pembaca perlu menanyakan beberapa pertanyaan penting yang akan membantu Anda semua untuk berpikir secara kritis dan positif. 
 
Menurut marc and angel, ada beberapa cara yang bisa kita terapkan agar kita bisa berpikir secara kritis dan positif. Salah satunya adalah menanyakan 10 pertanyaan di bawah ini kepada diri kita sendiri. Berikut adalah penjelasannya: 

1. Apa yang harus saya hilangkan dari pikiran dan mulai mengatakannya pada diri sendiri?
Pertanyaan paling pertama yang perlu kita tanyakan adalah pikiran-pikiran negatif apa yang perlu kita hilangkan dari akal pikiran kita? Menghilangkan pikiran negatif sangat penting bagi kita karena jika otak kita terlalu didominasi oleh pikiran negatif, kita akan merasa kesulitan untuk berpikir kritis. 
 
Pikiran negatif utama yang harus kita hapuskan adalah mendiskreditkan diri sendiri. Ketika kita meremehkan diri sendiri, kita cenderung memandang segala hal secara negatif. Tidak hanya itu, kita akan berpikir bahwa kita adalah sumber masalah dari setiap kejadian buruk yang terjadi. Mulai dari sekarang, kita perlu menjadi teman terbaik bagi diri sendiri. Sehingga, kita bisa berpikir lebih kritis dan positif.  
 
2. Apa yang harus saya lepaskan dari kehidupan saat ini?
Pertanyaan kedua ini juga sangat penting bagi kehidupan kita. Seringkali hal-hal buruk yang masih melekat dalam kehidupan kita membuat stuck atau mandek. Coba deh untuk berpikir kritis agar kita bisa terlepas dari kondisi ini. Adakah hal-hal yang harus kita lepaskan dari kehidupan yang sekarang? Apakah itu adalah sebuah pertemanan yang toxic? Hubungan dengan pasangan yang terlalu mengikat? Pekerjaan yang menjauhi kita dari keluarga? Atau, Klien yang membuat kita merugi?  
 
Ketika kita sudah berhasil mengidentifikasi hal-hal negatif yang harus kita lepaskan, maka secara tidak langsung kita sedang berpikir kritis dan berpikir positif untuk kebahagiaan kita di masa depan.
 
3. Apa saja masalah yang sangat saya syukuri karena tidak terjadi pada kehidupan saya?
Ketika rekan pembaca mencoba untuk berpikir kritis dan positif, rekan pembaca harus menganalisa masalah apa saja yang tidak ada dalam kehidupan Anda dan itu menjadi hal yang sangat rekan pembaca syukuri? Kita mungkin sering mendengar keluh kesah dari keluarga, kerabat dan rekan-rekan kerja di kantor tentang masalah apa yang menimpa mereka. 
 
Reaksi terbaik yang bisa kita berikan adalah bersikap empati dan mengambil pelajaran dari setiap kejadian buruk yang terjadi pada mereka. Kita akan berpikir secara kritis dan positif bahwa Tuhan masih menyayangi kita untuk terhindar dari hal-hal tersebut. Tersenyum, bersyukur dan berbahagialah atas segala hal yang kita miliki dan yang tidak kita miliki saat ini. 

4. Apa saja hal positif yang benar-benar saya inginkan saat ini? 
Ingin selalu berpikir positif? Jika ya, rekan pembaca harus berani untuk berimajinasi dan memikirkan hal-hal positif apa saja yang rekan pembaca inginkan saat ini, yang mana rekan pembaca sangat yakin dengan memiliki hal tersebut, Anda akan merasa bahagia dan lebih positif. 
 
Untuk mendapatkan jawabannya, rekan pembaca bisa memikirkannya secara kritis. Misalnya, jika saya mendapatkan promosi dari bos, apakah itu hal yang benar-benar saya perlukan untuk karier saya saat ini? Dampak positif dan negatif apa yang akan saya dapatkan jika saya mendapat promosi? 
 
5. Dari kejadian buruk yang saya hadapi, apakah saya akan menghindari tanggung jawab saya? Atau, saya akan menghadapinya dan terus melangkah maju? 
Saat kita sedang dilanda sebuah masalah atau kondisi yang sangat rumit, kita sangat perlu untuk berpikir secara kritis dan positif. Berpikir secara kritis akan membantu kita untuk mengambil pelajaran yang berarti dari situasi yang menyebalkan tersebut. Sehingga, kita tidak akan menjadi orang-orang pengecut yang menghindari tanggung jawab. Ketika kita sudah berhasil meraih pelajaran dari kondisi tersebut secara bijak, maka kita akan berpikir dan bersikap positif, dan pemikiran yang seperti ini akan mendorong kita untuk terus melangkah maju. 

6. Apakah saya harus memberikan reaksi yang sama seperti kesalahan di masa lalu? 
Tiba-tiba saja, ada suatu masalah hebat yang datang kembali ke dalam kehidupan kita. Sebelumnya, kita merespon masalah tersebut dengan tindakan yang kurang baik dan tanpa pikiran yang positif. Bahkan, saya sempat merugikan orang lain atas sikap saya. Agar kita bisa berpikir kritis dan positif, kita perlu membayangkan efek negatif yang dulu pernah kita rasakan. Bisa saja dampak negatif tersebut akan lebih parah jika kita melakukan hal yang sama seperti respon sebelumnya. Inilah mengapa penting bagi kita untuk tetap berpikir kritis dan positif terhadap segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan kita. 
 
7. Apa yang bisa saya lakukan untuk menyebarkan kebaikan dan menjadi pribadi yang lebih baik? 
Kalau kita hidup hanya sekedar hidup, maka apa bedanya kita dengan makhluk hidup lainnya (seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan)? Dalam kehidupan, kita harus menargetkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. 
 
Coba asah pikiran kritis kita untuk berpikir “kebaikan apa saja yang bisa saya berikan kepada orang-orang di sekitar saya?” “apa yang bisa saya lakukan untuk membantu orang lain?” dan pertanyaan-pertanyaan positif lainnya yang akan membentuk kita menjadi individu yang lebih baik.

8. Apa yang harus saya lakukan agar tidak terlalu berharap pada suatu hal? 
Berharap terlalu tinggi akan membuat kita sakit hati dan kecewa. Kami mengajak semua rekan-rekan Career Advice untuk mengubah mindset Anda agar berpikir secara kritis tentang “apa upaya yang bisa saya lakukan untuk terhindar dari ketergantungan terhadap orang lain?” Perlu diingat bahwa orang-orang sukses akan selalu berusaha sendiri, mandiri dan kebahagiaan mereka tidak didikte oleh orang lain. Pertanyaan ini akan membantu rekan-rekan pembaca untuk terus berpikir kritis dan positif demi kebaikan hidup di masa sekarang dan masa depan. 
 
9. Hal apa saja dan siapa saja yang perlu saya maafkan? 
Pengampunan terhadap suatu hal yang menyakitkan dan orang-orang yang pernah menyakiti kita adalah hal yang perlu kita lakukan. Mengapa? Karena untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan di dalam hidup kita, kita perlu memaafkan orang-orang yang sudah jahat kepada kita, serta pengalaman-pengalaman buruk yang pernah membuat kita trauma. Pikiran yang kritis dan positif akan membantu kita untuk terhindar dari jebakan masa lalu yang menyakitkan. 

10. Rencana hebat apa yang akan saya lakukan selanjutnya?
Pertanyaan penting terakhir yang perlu kita tanyakan pada diri sendiri adalah “apa rencana berikutnya yang akan saya lakukan?” Memikirkan rencana ke depan akan membantu kita dalam mengasah pikiran kritis dan positif. Setiap rencana yang kita rancang akan kita pikirkan dampak negatif dan positifnya. Selain itu, memikirkan rencana ke depan juga akan membantu kita untuk terus berpikir positif. 
 
Yap! itulah 10 pertanyaan yang bisa mengasah cara berpikir kita untuk tetap kritis. Selamat mencobanya ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices
8 Perbedaan antara Generasi Milenial dan Generasi Z

8 Perbedaan antara Generasi Milenial dan Generasi Z

10 Strategi untuk Pencarian Kerja yang Sukses

10 Strategi untuk Pencarian Kerja yang Sukses

4 Cara Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain untuk Bekerja Lebih.

4 Cara Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain untuk Bekerja Lebih.

20 Ide Bisnis bagi Orangtua yang Bekerja di Rumah

20 Ide Bisnis bagi Orangtua yang Bekerja di Rumah

Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Public Relation?

Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Public Relation?

5 Gambaran Kreativitas dalam Dunia Marketing di Era Modern

5 Gambaran Kreativitas dalam Dunia Marketing di Era Modern

Bagaimana Artificial Intelligence dapat Membantu Perusahaan Media?

Bagaimana Artificial Intelligence dapat Membantu Perusahaan Media?

Mengapa Artificial Intelligence Penting untuk Layanan Pelanggan?

Mengapa Artificial Intelligence Penting untuk Layanan Pelanggan?

Bagaimana Cara Memiliki Mimpi Besar ala Steve Jobs?

Bagaimana Cara Memiliki Mimpi Besar ala Steve Jobs?

Bagaimana Cara Berpikir seperti Seorang Inovator?

Bagaimana Cara Berpikir seperti Seorang Inovator?

4 Cara Menanamkan Jiwa Kewirausahaan ke Dalam Budaya Perusahaan

4 Cara Menanamkan Jiwa Kewirausahaan ke Dalam Budaya Perusahaan

Pentingnya Reminder atau Pengingat Jadwal dan Menjadikannya Bermanfaat

Pentingnya Reminder atau Pengingat Jadwal dan Menjadikannya Bermanfaat

7 Cara Mempromosikan Bisnis Online secara Gratis

7 Cara Mempromosikan Bisnis Online secara Gratis

10 Cara Emotional Intelligence Membantu Menghadapi Ketidakpastian

10 Cara Emotional Intelligence Membantu Menghadapi Ketidakpastian

Bagaimana Cara Efektif Menjadi Pengusaha Modern?

Bagaimana Cara Efektif Menjadi Pengusaha Modern?

5 Pertanyaan yang Mendorong Semangat Kerja Karyawan

5 Pertanyaan yang Mendorong Semangat Kerja Karyawan

Perlunya Pesan yang Jelas dalam Menetapkan Arah

Perlunya Pesan yang Jelas dalam Menetapkan Arah

5 Cara Efektif Mengajak Generasi Millennial Bekerja di Perusahaan Anda

5 Cara Efektif Mengajak Generasi Millennial Bekerja di Perusahaan Anda

8 Aturan Dasar yang penting diterapkan di dalam Rapat Kerja

8 Aturan Dasar yang penting diterapkan di dalam Rapat Kerja

Pengertian Pengembangan Diri dan 6 Manfaat Pengembangan Diri

Pengertian Pengembangan Diri dan 6 Manfaat Pengembangan Diri

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor

Mengenal Para Milenial di Dunia Kerja Lebih Dalam

Mengenal Para Milenial di Dunia Kerja Lebih Dalam

10 Kiat Memilih Foto Profil LinkedIn yang Tepat

10 Kiat Memilih Foto Profil LinkedIn yang Tepat

Peran dan Tanggung Jawab Pemimpin Rapat

Peran dan Tanggung Jawab Pemimpin Rapat

4 Alasan Menyelenggarakan Acara Kantor Sangat Penting

4 Alasan Menyelenggarakan Acara Kantor Sangat Penting

Manfaat Kompetisi Kerja pada Otak, Motivasi & Produktivitas

Manfaat Kompetisi Kerja pada Otak, Motivasi & Produktivitas

6 Cara Hebat Mendorong Kerja Sama Tim

6 Cara Hebat Mendorong Kerja Sama Tim

15 Cara Mendorong Ide Kreatif dan Inovatif dalam Tim Kerja

15 Cara Mendorong Ide Kreatif dan Inovatif dalam Tim Kerja

4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan

4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan

4 Manfaat Meningkatkan Goal Perusahaan

4 Manfaat Meningkatkan Goal Perusahaan