Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Nasehat Pengusaha Sukses agar Kita Bisa Menjadi Orang Sukses

10 Nasehat Pengusaha Sukses agar Kita Bisa Menjadi Orang Sukses


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Ada banyak pengusaha sukses di dunia ini, tentunya mereka dapat meraih kesuksesan bukan karena kebetulan. Semuanya direncanakan dan diusahakan (by design). Mana mungkin semuanya bisa diraih semudah itu, pastinya perlu kerja keras yang konsisten. Tidak hanya itu, setiap pengusaha sukses harus memiliki kualitas “pemain-A” (A-player). 
 
Kami yakin pasti semua rekan-rekan Career Advice ingin menjadi orang sukses juga, bukan? Nah, sekarang rekan pembaca juga bisa berusaha menjadi orang sukses dengan menerapkan 10 nasehat dari pengusaha sukses di dunia, agar kita juga bisa menjadi orang sukses. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Memiliki Daya Rekat yang Kuat.

Apabila kita ingin menjadi seorang yang sukses, kita perlu memiliki daya rekat yang kuat atau ‘stickability’. Daya rekat ini memungkinkan kita untuk menjadi seorang yang bisa bertahan dalam kondisi apapun, atau orang Indonesia sering menyebutnya sebagai ‘tahan banting’. 
 
Di dalam kehidupan, kita akan bertemu banyak orang yang tidak percaya atau menertawakan ide-ide gila kita. Pasti rekan pembaca pernah kan bertemu orang yang berkata “kayaknya itu mustahil deh!” atau “aku rasa kamu ga akan bisa meraih impian kamu” dan lain sebagainya. Nah, disinilah daya rekat memainkan peranannya. Kita harus bisa memiliki daya rekat yang kuat, konsisten dengan apa yang kita inginkan, tidak mudah menyerah. 
 
Frank Shankwitz, sebagai penulis dan salah satu pendiri Yayasan Make-A-Wish mengatakan bahwa perjalanan hidup yang kita alami bisa membantu kita menjawab “mengapa saya berada di sini?” itulah mengapa daya rekat yang kuat harus kita miliki agar kita tahu dengan pasti apa yang kita jalani. 
 
Coba deh kita perhatikan, kebanyakan pengusaha sukses pasti memiliki daya rekat yang kuat. Di saat banyak orang meremehkan bisnis yang mereka lakukan, mereka tetap menjalaninya dengan penuh passion. Sampai akhirnya 5-10 tahun kemudian, semua orang yang meremehkannya akan tersadar bahwa bisnis yang mereka lakukan sangat berguna di masa depan. 
 

2. Memiliki Tujuan yang Kuat.

Nasihat kedua ini masih memiliki keterikatan yang kuat dengan poin sebelumnya. Dalam hidup kita perlu memiliki tujuan yang kuat, dan tentunya dengan alasan yang kuat juga. Pertanyaan “mengapa” benar-benar harus melekat di dalam diri kita setiap kali kita menentukan sebuah tujuan. Ini bertujuan agar apapun yang kita lakukan benar-benar terasa seperti misi di dalam hidup yang sudah berakar dari kita kecil. 
 
Sebagai contoh, apabila kita ingin memulai suatu bisnis hanya karena ingin mendapatkan keuntungan, maka kita akan cepat menyerah pada rintangan pertama yang kita hadapi dalam bisnis. Inilah mengapa rekan-rekan Career Advice perlu memiliki alasan yang kuat, “mengapa saya memilih bisnis ini?” “apa yang ingin saya dapatkan dari bisnis ini?”, jadi saat kita hampir ingin menyerah, kita bisa melihat refleksi di masa lalu “mengapa saya memulainya?”. 

3. Memiliki Keyakinan diri.

Nasihat ketiga dari para pengusaha sukses adalah kita semua harus memiliki keyakinan diri. Saat kita terbangun di pagi hari, kita harus berpikir bahwa “apa yang saya inginkan di dalam hidup PASTI akan terjadi” bukan “saya berharap apa yang saya inginkan di dalam hidup akan terjadi”. 
 
Berharap memang baik, namun terus-terusan menggunakan kata ‘berharap’ hanya akan membuat kita seperti orang yang ragu. Padahal, yang namanya orang sukses itu HARUS yakin dengan mimpi-mimpi yang mereka miliki. Karena jika bukan kita yang memiliki keyakinan itu, siapa lagi? 
 
Justru orang lain akan merasa yakin dengan kita, saat kita dapat meyakinkan orang lain dengan baik. “Kita semua terbuat dari energi, jadi pilihlah energi terbaik untuk mengisi diri kita dengan keyakinan yang tak tergoyahkan”—Claire Cooper, aktris pemenang penghargaan, salah satu pendiri Om & Ah. 

4. Atasi Segala Keraguan Diri.

Nasihat keempat ini juga masih memiliki keterkaitan dengan nasihat sebelumnya. Ada begitu banyak orang yang menghentikan langkah mereka hanya karena mereka ragu dengan kemampuan diri mereka dan terprovokasi dengan omongan-omongan negatif dari orang lain yang membuat diri mereka menjadi semakin merasa kecil. 
 
Yakinilah satu hal bahwa kita semua memiliki derajat yang sama di mata Tuhan dan setiap orang memiliki kemampuan masing-masing yang dihadiahi oleh Tuhan, jadi mengapa harus merasa ragu terhadap diri sendiri? 
 
Steve Griggs, sebagai pendiri dan CEO Steve Griggs Design memberi nasihat, ketika kita merasa ingin menyerah dan ragu, katakan ini “saya akan memberikan satu kali kesempatan lagi, dan melihat apa yang akan terjadi”, ucapkan ini secara terus menerus sampai kita tidak memiliki kesempatan untuk menyerah dan ragu sedikitpun. 
 

5. Percayalah bahwa Segalanya ‘Dapat Dipahami dan Diatasi’. 

Setiap waktunya, seorang pengusaha pasti akan datang ke acara peluncuran teman-teman pengusaha lainnya yang meluncurkan produk baru, entah itu barang atau jasa. Sebagai contoh, dewasa ini ada banyak pengusaha yang meluncurkan kursus online dan produk online. Ada satu karakteristik yang sangat membedakan orang biasa dengan orang sukses (pengusaha sukses). Apakah itu? Para pengusaha sukses memiliki keyakinan yang tak tergoyahkan bahwa segala sesuatu bisa dipahami dan diatasi. Ini membentuk mereka menjadi seorang yang selalu ingin mencari tahu. 
 
Para pengusaha sukses memiliki keyakinan yang tinggi bahwa mereka akan mendapatkan 50 orang di pertama sebagai pelanggan produk mereka. Setelah itu, mereka mencari tahu apa yang dapat dipahami dari kepuasan pelanggan, apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu dipertahankan. Kemudian, setelah mencari tahu dan memahami banyak hal, mereka YAKIN akan mendapatkan 500 pelanggan berikutnya, dan pola ini terus berputar sampai mereka menjadi pengusaha yang sangat sukses. 
 
Jeanine Blackwell, seorang penulis buku terlaris dari ‘The Expert Experience Method’ mengatakan “tanpa rasa ingin tahu, seorang pengusaha hanya akan berputar-putar dari satu ide ke ide lainnya”. 
 

6. Mengendalikan Sikap dengan Baik.

Setiap pengusaha sukses pastinya dapat mengendalikan sikap mereka dengan sangat baik. Kita tidak bisa mengendalikan segala hal yang terjadi di dalam diri kita, namun satu hal yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan sikap kita dalam menanggapi hal-hal yang terjadi di dalam hidup. 
 
Ketika dunia terasa hancur, yang perlu kita lakukan adalah mengendalikan sikap dengan tetap berpikir positif, merencanakan perbaikan, melaksanakannya, dan terus maju ke depan. 
 
“Selalu ada hal positif yang dapat kita pelajari dari setiap situasi buruk seperti, kehilangan klien atau kehabisan uang. Dengan hal-hal buruk seperti ini, kita akan berhasil dalam segala hal” - Craig Handley, seorang pendiri dan CEO Listen Trust. 

7. Menjadi Seorang yang “Paket Komplit”. 

Rekan-rekan Career Advice pasti sangat menyukai makanan dengan “paket komplit” kan? Bagaimana tidak, semuanya ada di dalam satu porsi makanan, dan sangat melezatkan!
 
Nah, begitu juga dengan para pengusaha sukses yang berhasil menggapai kesuksesan mereka. Mereka adalah perwujudan dari orang-orang yang memiliki hampir semua kepribadian baik yang sangat diperlukan untuk menjadi orang sukses. Contohnya, Elon Musk dan Richard Branson adalah orang-orang yang memiliki kepribadian bersemangat, karismatik, penuh percaya diri dan optimis. Mereka sangat mencintai pekerjaan mereka dan tetap terbuka dengan ide-ide baru. 
 
Jangan menjadi orang yang kaku, kita perlu menjadi seorang yang fleksibel untuk bisa menjadi orang sukses, dan tentunya agar kita bisa menjadi “paket komplit”! hehe.
 

8. Menjelaskan Nilai Produk dan Layanan yang Kita Berikan. 

Para pengusaha sukses yakin bahwa bisnis bukan hanya sesuatu hal yang berkaitan dengan penjualan. Bahkan, bisnis dapat diartikan lebih daripada itu. Bisnis adalah tentang membangun hubungan jangka panjang dan membantu para pelanggan di setiap tahap perjalanan mereka. 
 
Setiap produk dan layanan yang kita berikan kepada pelanggan tidak akan memiliki prospek yang bagus, jika pelanggan tidak mengetahui manfaat produk atau layanan kita secara efektif. Semakin banyak dan sering kita memberi pencerahan kepada pelanggan tentang nilai-nilai produk dan layanan kita, maka semakin banyak profit yang akan kita dapatkan. 
 
“Misi perusahaan dalam melakukan webinar adalah berbagi pengetahuan tentang webinar yang membantu pengguna kami mengembangkan bisnis mereka. —Simon Grabowski, seorang pendiri dan CEO ClickMeeting. 

9. Memiliki Keberanian. 

Untuk menjadi seorang yang sukses, kita tidak perlu menjadi seorang lulusan cumlaude atau seorang yang sangat pintar di kelas. Beberapa pengusaha sukses menceritakan bahwa mereka bukanlah siswa yang pintar di kelas. Namun, mereka berhasil menjadi pengusaha yang sukses, bahkan memiliki kekayaan yang lebih daripada teman-teman kelas mereka yang sangat pintar. 
 
Akhirnya kami menyimpulkan bahwa keberanian atau nekat adalah suatu sikap yang harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses. Ini bukan tentang siapa yang terbaik, namun Ini tentang siapa yang paling menginginkan kesuksesan. Dan, keberanian adalah sikap yang bisa mengantarkan kita kepada kesuksesan. 
 
“Tidak masalah jika kita tidak dilahirkan dengan bakat-bakat yang hebat, namun keberanian adalah hal yang dapat dipelajari, dipraktikkan, dan dikembangkan” —Sarah Chrisp, pendiri Wholesale Ted. 

10. Memiliki Ketekunan yang Tinggi.

Nasihat terakhir dari para pengusaha sukses adalah setiap orang yang ingin menjadi sukses harus memiliki ketekunan yang tinggi. Memiliki ketekunan yang tinggi adalah kunci kesuksesan. Tidak mungkin ada orang yang sukses tanpa ketekunan. 
 
“Ketekunan dan kerja keras membuat kami berhasil” —Thomas Carter, seorang pendiri dan CEO DealBox Inc.
 
Dari 10 nasihat di atas, sudah berapa nasihat yang kiranya pembaca Career Advice sudah terapkan? Jika rekan pembaca belum menerapkan 10 nasihat di atas sama sekali, tenang saja. Kita bisa memulainya dari sekarang, Yuk bersama kita terapkan agar bisa menjadi orang sukses seperti mereka.