Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Sebenarnya, Apa yang Dimaksud dengan “Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki”? 

Sebagian orang selalu mencaci-maki pekerjaannya saat ini dan sebagian lainnya berusaha untuk jatuh cinta berkali-kali dengan pekerjaan yang sama agar mereka bisa bersyukur dan bahagia dengan pekerjaan yang ada di hadapannya sekarang. Kelompok kedua tersebut terdiri dari orang-orang yang berusaha untuk mencintai pekerjaannya sekarang. Tidak peduli apapun yang terjadi, nilai pekerjaan sekarang adalah hal yang sangat berarti bagi mereka. Mencintai pekerjaan adalah merasa bersyukur, menyukai, serta mengagumi setiap tindakan, kegiatan atau usaha yang harus diberikan pada pekerjaan yang kita miliki. Selain itu, mencintai pekerjaan artinya mau bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang akan didapatkan dari pekerjaan tersebut. Dengan kata lain, kita bukan hanya mau menerima hal-hal positif atau keuntungan yang akan didapatkan dari pekerjaan tersebut, namun kita juga rela menerima segala konsekuensinya. 
 

Bagaimana Cara Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki Sekarang? 

Banyak orang berpendapat bahwa jika kita ingin mencintai pekerjaan sendiri, cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melihat peluang pekerjaan sekarang. Mungkin saja, selama ini kita tidak sadar bahwa ada begitu banyak peluang pekerjaan yang ada di hadapan kita, namun kita tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. 
 
Lantas, “apa yang dapat saya lakukan ketika pekerjaan saya sekarang berubah menjadi pekerjaan yang sangat menyebalkan, padahal dulunya pekerjaan ini adalah profesi yang benar-benar saya dambakan?” Jika kendala ini yang sedang rekan pembaca hadapi, maka kami sangat menyarankan rekan pembaca untuk membaca artikel ini sampai habis. 
 
Mengapa demikian? Karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara yang dapat membantu rekan-rekan untuk mencintai pekerjaanmu kembali, yap! pekerjaan kita semua yang ada dihadapan kita sekarang. Menurut website the balance careers dot com, ada 10 cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencintai pekerjaan yang kita miliki sekarang. Langsung saja yuk kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Tetap Masuk Kerja dan Pusatkan Perhatian Kita pada Pekerjaan yang Ada di Depan Mata. 

Logikanya, bagaimana kita bisa mencintai pekerjaan kita sekarang, jika kita terus berusaha untuk menghindarinya? Kita tidak akan mungkin bisa mencintai pekerjaan kita, jika kita malah pergi berlibur, absen dari pekerjaan, atau tetap masuk kerja namun nyawa dan perhatian kita tidak berada di depan pekerjaan kita sekarang. Misalnya, kita malah membuka Facebook, Instagram atau malah melihat-lihat barang yang dijual di situs online. Percayalah, hal itu tidak akan menciptakan rasa cinta sama sekali terhadap pekerjaan kita. 
 
Paksa diri kita untuk tetap masuk kerja dan tidak meremehkan tanggung jawab yang kita miliki. Selain itu pusatkan perhatian kita pada tugas-tugas kerja yang ada di depan sekarang. Berusahalah semaksimal mungkin untuk tetap fokus kerja, dan menghindari hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian kita dari pekerjaan. Catatan lain, jika kita sedang tidak memiliki pekerjaan yang banyak di kantor, cobalah untuk mencari kesibukan tambahan dengan mencari proyek sampingan untuk dikerjakan. Eits, jangan lupa untuk beristirahat dan merilekskan diri sebentar ketika kita sudah menyelesaikan tugas-tugas kerja yang ada ya, sehingga kita tidak bekerja seperti robot.
 

2. Coba Ingat-Ingat Kembali “Apa Alasan Saya Mengambil Pekerjaan Ini?” 

Tarik napas dalam-dalam dan tenangkan pikiran kita. Cobalah bertanya pada lubuk hati kita yang paling terdalam “Mengapa saya menerima tawaran pekerjaan ini saat itu?” Mungkin dulu kita memilih pekerjaan saat ini karena gaji yang dibayarkan sangat tinggi, jadwal kerja yang fleksibel, visi misi perusahaan yang relevan dengan tujuan hidup kita, lokasi kantor yang sangat strategis, dan lain sebagainya. Jika kita sudah mengingat kembali tentang alasan mengapa kita memilih pekerjaan ini, maka kita akan lebih mudah untuk mencintai pekerjaan sekarang. 
 

3. Buat Daftar Keterampilan yang Ingin Ditingkatkan dalam Pekerjaan Sekarang.

Sedang berusaha untuk mencintai pekerjaan Anda sekarang? Nah, membuat daftar keterampilan yang ingin rekan pembaca pelajari adalah ide yang bagus untuk diterapkan. Tanamkan dalam pikiran kita bahwa masih ada banyak sekali hal-hal lain yang belum kita pelajari dan belum kita kuasai dari pekerjaan sekarang. Sehingga, masih ada banyak hal yang perlu kita eksplor. 
 

4. Jangan Takut untuk Meminta Dukungan dari Atasan atau Pemimpin di Tempat Kerja. 

Bagaimana jika kita memiliki banyak hambatan untuk mencintai pekerjaan kita sekarang? Baik, jika rekan pembaca memiliki banyak hambatan dalam hal ini, cobalah untuk menjernihkan pikiran kita dan menjauhi segala pemikiran negatif. Cara yang bisa kita lakukan adalah menulis segala hal yang tidak kita sukai di kantor secara rinci. Yap! Tulis semua hal yang menyebalkan serinci mungkin. Misalnya seperti berikut ini:
- Saya memiliki rekan kerja yang sangat menyebalkan karena dirinya selalu mengajak saya mengobrol ketika saya sedang serius dalam bekerja. 
- Saya memiliki ruangan kerja yang sangat tertutup, sampai-sampai cahaya matahari sangat sulit untuk menyinari ruangan. Saya sangat membenci ruangan kerja saya!
- Saya memiliki setumpuk pekerjaan yang datang tanpa habis, ketika saya meminta bantuan pada tim kerja, tidak ada satupun yang mau membantu saya. Saya menjadi serba salah dalam kondisi ini. 
 
Setelah menuliskan semua hambatan yang kita miliki secara rinci, tenangkan diri dan jangan takut atau jangan ragu untuk meminta dukungan dari manajer atau pemimpin kita terhadap hal ini. Cobalah untuk berkonsultasi dengan mereka dan bertukar ide untuk mencari solusi yang tepat atas permasalahan kita. Jadi, jangan cepat-cepat membenci pekerjaan kita ya, namun berusahalah untuk mencintai pekerjaan kita saat ini.  
 

5. Cari Tahu Hal Apa Saja yang Benar-benar Kita Sukai. 

Sadarilah bahwa pekerjaan kita tidak sepenuhnya buruk kok. Kita pasti punya alasan yang kuat mengapa dulu kita memilih pekerjaan atau mengapa kita menerima tawaran kerja ini. Tentu saja, kita memilih pekerjaan ini karena ada beberapa hal yang setidaknya kita cintai, sehingga kita ingin berkontribusi di dalamnya. Jadi, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai pekerjaan kita adalah membuat daftar tentang hal-hal apa saja yang kita sukai dari pekerjaan sekarang. 
 
Nah ketika kita sudah menemukannya, cobalah untuk mendiskusikan hal ini kepada pimpinan atau atasan kita, mungkin kita bisa bernegosiasi agar pekerjaan yang kita sukai lebih diperbanyak lagi. Atau jika bos kita setuju, mungkin kita bisa mendapatkan peluang baru untuk ditransfer ke departemen lain yang mana pekerjaannya sesuai dengan apa yang kita sukai. Intinya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai pekerjaan saat ini, salah satunya adalah mencari tahu apa yang kita cintai dari pekerjaan ini. 

6. Cobalah untuk Memanfaatkan Segala Fasilitas atau Keuntungan yang Kita Dapatkan dari Pekerjaan Ini. 

Jika menuliskan hal-hal yang kita cintai dari pekerjaan sekarang masih belum cukup membuat kita mencintai pekerjaan saat ini, ada baiknya sekarang kita beralih ke pemikiran “apa saja keuntungan yang saya sukai dari pekerjaan saat ini?” Keuntungan bisa saja berupa asuransi kesehatan untuk memeriksa kesehatan gigi kita, kesehatan tubuh seperti akupuntur, member gym secara gratis, bonus bulanan, fasilitas olahraga, seminar gratis dan lain sebagainya. Coba pikirkan hal-hal membanggakan yang bisa membuat kita bahagia karena telah bekerja di perusahaan sekarang. Dijamin pasti kita akan mencintai pekerjaan kita deh!
 

7. Desain Ruangan atau Meja Kerja Kita Senyaman Mungkin. 

Jika pekerjaan kita sekarang sangat sulit untuk kita cintai, minimalnya kita harus merasa nyaman saat bekerja. Ketika kita merasa nyaman saat bekerja, kemungkinan lama-kelamaan kita juga akan merasa nyaman dengan pekerjaan kita sekarang. Bagaimana caranya? Cobalah untuk mendesain ruangan atau meja kerja kita senyaman mungkin. 
 
Sebagai contoh, meletakkan foto keluarga, menempelkan beberapa quote yang membuat kita lebih termotivasi, meletakkan parfum aromatherapy, membeli buku catatan kerja dengan warna yang kita sukai, meletakkan vas bunga, dan lain sebagainya. Cara lain yang bisa kita lakukan adalah membuat diri merasa nyaman dengan memasang headphone di telinga kita dan mulai mendengarkan lagu-lagu kesukaan kita yang membuat kita semakin termotivasi. Melalui cara ini, kita akan bekerja dengan sangat nyaman, bahkan kita akan mulai mencintai pekerjaan kita saat ini. 
 

8. Sering Berdiskusi dengan Supervisor Kita dalam Menetapkan Tujuan. 

Salah satu cara untuk membuat kita semakin bersemangat dan mencintai pekerjaan saat ini adalah meyakini bahwa kita bisa menjadi individu yang sukses dengan menekuni pekerjaan yang ada sekarang. Maksudnya, jika kita benar-benar gigih dengan pekerjaan sekarang, maka peluang untuk mendapatkan kesuksesan sangat terbuka lebar untuk kita. Oleh karena itu, kita perlu mencintai pekerjaan kita dengan sedalam mungkin agar segala pekerjaan yang kita lakukan akan terasa menyenangkan. 
 
Apa yang bisa kita lakukan dalam hal ini? Cobalah untuk berdiskusi dengan supervisor kita secara rutin. Kita bisa berdiskusi tentang apa yang menjadi tujuan kita di dalam karier. Sehingga kita bisa tahu, kira-kira tujuan hidup kita bagian mana yang selaras dengan tujuan perusahaan. Dengan cara ini, supervisor bisa membantu kita dalam meraih tujuan-tujuan karier yang diinginkan, dan pastinya kita akan lebih mencintai pekerjaan kita yang sekarang. 
 

9. Memperluas Networking Kita di Tempat Kerja. 

Percayalah, bekerja akan menjadi hal yang sangat membosankan jika kita tidak memiliki sesuatu untuk diperjuangkan. Dalam hal ini, kita bisa bertekad untuk memiliki networking yang seluas mungkin. Kalau bisa, semua orang di dalam perusahaan tersebut mengenal kita dengan dekat, baik di dalam departemen yang sama maupun departemen yang berbeda. Cobalah untuk lebih rajin mengikuti kegiatan atau acara yang diadakan oleh perusahaan, mengikuti seminar, atau forum diskusi yang mana kita bisa saling mengenal dengan rekan-rekan kerja dari departemen lain. Secara tidak langsung, kita sedang menambah rekan-rekan kerja yang asyik dan tentunya yang membuat kita semakin bersemangat, serta mencintai pekerjaan kita lebih dalam. 
 

10. Menulis “Daftar Ucapan Terima Kasih” untuk Pekerjaan Kita Sekarang Ini. 

Terakhir, cara yang cukup sederhana namun sangat berarti ini akan membantu kita untuk mencintai pekerjaan saat ini. Caranya, coba tuliskan segala hal yang membuat kita sangat bersyukur dan berterima kasih terhadap pekerjaan yang kita miliki. Tidak peduli apakah itu adalah hal kecil atau hal besar, tulis saja semua yang membuat kita merasa menjadi orang yang sangat beruntung. Sebagai contoh: 
- Pekerjaan ini telah membantu saya untuk menghidupi keluarga. 
- Pekerjaan ini telah membantu saya untuk meningkatkan keterampilan public speaking. 
- Pekerjaan ini telah mengubah saya menjadi seorang yang pemalu menjadi seorang yang mudah bergaul dan memiliki networking yang luas, dan lain sebagainya. 
- Cobalah tulis segalanya, pikirkan dan syukuri semua hal tersebut, dengan cara ini kita akan mencintai pekerjaan kita lebih dalam.
 
Bagaimana rekan-rekan, apakah rekan pembaca merasa lebih mencintai pekerjaan Anda setelah membaca artikel di atas? Kami harap artikel ini sangat bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca untuk kembali mencintai pekerjaan saat ini dan menjadi seorang karyawan yang lebih termotivasi. Salam sukses, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

Leadership

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

Happiness

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

Motivation

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

Self Improvement

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan