Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Orang Sukses Menjadi Semakin Kaya

10 Cara Orang Sukses Menjadi Semakin Kaya


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Dalam hidup, kita perlu meyakini bahwa semua orang memiliki peluang yang sama untuk bisa mendapatkan kesuksesan dan kekayaan seperti yang mereka harapkan. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang bisa sukses dan menjadi semakin sukses. Selain itu, mereka juga meyakini bahwa hanya beberapa orang saja yang bisa mendapatkan kekayaan mereka, dan semakin kaya. 
 
Kenyataannya, semua orang berhak untuk bisa kaya dan meraih kesuksesan yang diinginkannya. Jadi jika orang sukses bisa menjadi semakin kaya, maka kita semua pun bisa melakukannya. Nah pada artikel kali ini kami akan mengungkap 10 cara orang sukses agar bisa menjadi semakin kaya, yang telah kami rangkum dari website entrepreneur. Tujuannya agar rekan-rekan Career Advice tau dan mengerti apa yang mereka lakukan, dan bisa mengikuti jejak yang sama. 

1. Pola Pikir Pertumbuhan Finansial Penting untuk Dimiliki.
Cara pertama yang dilakukan orang-orang sukses untuk membuat dirinya semakin kaya adalah menanamkan pola pikir finansial yang baik dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak pernah lelah untuk mencari dan menemukan segala peluang yang ada di sekitar mereka. 
 
Oleh karena itu, mereka sangat suka berteman dan bergaul dengan orang-orang yang memiliki potensial untuk sukses di masa depan. Ya jelas, mereka tidak suka bergaul dengan mereka yang hidupnya hanya dipenuhi dengan gosip atau kegiatan-kegiatan yang tidak menciptakan produktivitas. 
 
Jadi, langkah awal yang perlu kita lakukan agar bisa menjadi seperti mereka adalah meyakini bahwa kita dapat membuat perubahan yang positif untuk menghasilkan banyak hal yang berharga. Sehingga, kita bisa meraih kesuksesan yang diinginkan dan menjadi semakin kaya. 

2. Bergaul dengan Orang-orang Sukses Lainnya.
Memiliki pola pikir pertumbuhan finansial saja tidak akan cukup. Untuk bisa menjadi orang sukses dan semakin kaya, kita perlu mengelilingi diri dengan orang-orang sukses lainnya. Semangat dan motivasi bisa sangat kuat pada suatu waktu, namun ini juga bisa melemah pada beberapa waktu. Itulah mengapa penting bagi kita untuk bergaul atau selalu berteman dengan mereka yang membawa pengaruh positif kepada kita.
 
Jadi, apa yang orang-orang sukses ini lakukan? mereka menghabiskan waktu minimalnya sebulan sekali untuk mengenal orang-orang baru dengan perspektif yang sama dengan mereka yaitu, ingin menjadi sukses dan semakin kaya. Misalnya, mereka mendatangi konferensi atau acara-acara bisnis lainnya. 
 
Ini adalah cara mereka untuk menginvestasikan waktu secara baik, karena orang-orang baru yang mereka kenal akan menjadi koneksi yang sangat berharga bagi mereka untuk terus maju dan sukses (ups! Tentunya semakin kaya raya).  
 
3. Berani Keluar dari Zona Nyaman.
Kesuksesan dan kekayaan yang lebih akan datang jika kita juga mau mengambil langkah yang lebih. Masalahnya, langkah yang lebih tidak akan bisa didapatkan jika kita hanya terkungkung dengan “batasan-batasan” yang kita miliki. Mereka percaya bahwa zona nyaman tidak akan membantu apa-apa untuk pertumbuhan mereka. Oleh karena itu, berani keluar dari zona nyaman adalah hal yang sangat perlu untuk dilakukan. 
 
Apabila kita benar-benar ingin menjadi orang yang sukses dan kaya raya, maka kita harus mengasah diri untuk berpikir kreatif dan berani dalam mengeksekusi segala ide-ide kreatif tersebut. Ide-ide yang kreatif mungkin memerlukan tingkat risiko yang lebih tinggi. Namun jika kita tidak berani untuk melakukannya, maka selamanya kita akan menjadi orang yang biasa-biasa saja. 
 
4. Menghasilkan Pendapatan Tambahan.
Tentunya, semakin banyak uang yang kita miliki, maka kita akan semakin sukses dan kaya. Apa yang orang-orang sukses lakukan agar mereka bisa menjadi semakin kaya? Ya, tentunya menambah sumber penghasilan mereka. Tidak mungkin uang dengan sendirinya tumbuh di pekarangan rumah kita.
 
Apabila sekarang rekan-rekan Career Advice sedang bekerja dan memiliki penghasilan utama, coba deh untuk menabung dan mengalokasikan tabungan kita sebagai modal bisnis. Tujuannya agar bisnis yang kita miliki dapat menjadi sumber penghasilan tambahan selain penghasilan utama kita di tempat kerja. Dengan kata lain, ini merupakan cara paling efektif agar orang sukses bisa semakin kaya. 
 
Sebagai contoh, saya membeli apartemen baru untuk disewakan, maka saya akan mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha saya tersebut.
 
5. Mereka Suka Berinvestasi. 
Investasi juga merupakan faktor yang sangat penting bagi para orang sukses agar mereka bisa menjadi semakin kaya. Apabila mereka menjadi semakin kaya, maka akan semakin banyak bisnis yang mereka dirikan, semakin maju dan berkembang bisnis mereka, sehingga kesuksesan pun akan semakin mudah diraih.
 
Jadi sebenarnya, kesuksesan dan kekayaan datang secara berirama. Orang-orang sukses sangat suka untuk menginvestasikan uang mereka. Misalnya, bermain saham atau menjadi investor dari suatu bisnis. Investasi yang cerdas akan memberikan kita pengembalian yang sehat, yang di kemudian hari dapat kita investasikan kembali. 
 
Investasi juga bukan hanya dilakukan dengan uang, namun kita juga bisa berinvestasi dengan waktu. Misalnya, meluangkan waktu untuk mengikuti acara-acara yang membawa banyak manfaat seperti konferensi atau kursus bahasa. 
 
6. Cukup Mengambil Risiko yang Dapat Diperhitungkan.
Meskipun orang-orang sukses perlu berani mengambil risiko, namun bukan berarti mereka sembarangan dalam menginvestasikan waktu, tenaga dan uang pada segala sesuatu yang risiko-nya tidak dapat diperhitungkan. Sebelum mereka mengambil risiko, penelitian dan analisis pastinya akan mereka lakukan. Mempertimbangkan segala hal yang menjadi pro dan kontra adalah hal wajib bagi orang-orang sukses. 
 
Pertanyaan yang harus diperhatikan adalah “apakah dengan mengambil risiko ini saya akan semakin dekat dengan tujuan yang saya inginkan?” Tujuannya supaya mereka tidak sembarangan dalam mengambil risiko dan dapat menghindari risiko sembrono yang tidak menguntungkan apa-apa. 
 
7. Selalu Fokus pada Perbaikan Diri.
Dengan segala tujuan dan ambisi yang mereka miliki untuk bisa menjadi semakin kaya dan semakin sukses, maka mereka hanya akan memberikan fokus tertinggi untuk diri sendiri. Tidak ada waktu untuk membanding-bandingkan kualitas diri dengan kualitas orang lain. 
 
Orang-orang sukses seperti ini akan selalu berusaha memperbaiki diri mereka. Misalnya, jika bahasa inggris mereka tidak terlalu baik, maka mereka akan berusaha untuk mencari kursus online yang bisa melatih kemampuan berbahasa inggris mereka. Fokus untuk memberdayakan segala kekurangan diri yang ada agar bisa menjadi seseorang yang hebat. Dan, fokus untuk terus mengasah kemampuan diri agar kita bisa menjadi lebih sukses dan lebih kaya. 
 
8. Mereka Tidak Pernah Sepenuhnya Pensiun.
Meskipun usia mereka semakin senja, namun bukan berarti mereka harus berhenti berkarya. Karya-karya hebat akan terus membawa kita menuju kesuksesan dan kekayaan yang diinginkan. Walaupun nanti kita sudah tidak bekerja lagi karena alasan umur, sakit, dan lain sebagainya. Namun jangan pernah berhenti berkarya. Orang-orang yang selalu berkarya akan menjadi para individu yang semakin sukses dan semakin kaya raya. 
 
9. Tidak Bersikap Boros. 
Keyakinan lain yang selalu ditanamkan oleh orang-orang sukses adalah “semakin banyak uang yang mereka habiskan, maka akan semakin sedikit tabungan, harta, uang dan properti yang mereka miliki”.
 
Pernah tidak melihat seseorang yang pekerjaan dan gajinya biasa-biasa saja, namun mereka sangat boros untuk membeli barang-barang yang mungkin tidak ada manfaatnya. Logikanya, bagaimana kita bisa menjadi semakin kaya, jika kita bersikap boros? Jadi, jangan keluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting atau yang tidak berguna sama sekali ya, rekan-rekan. 
 
10. Miliki Waktu Pribadi (Me Time). 
Meskipun kita sangat sibuk untuk mengejar kesuksesan dan kekayaan, namun kita juga perlu untuk memiliki waktu pribadi (me time) untuk menenangkan diri dari segala kesibukan dan merenungkan kehidupan
 
Coba kita renungkan kembali, apakah sebenarnya selama ini kita sudah kaya raya dan sukses, namun kita masih belum merasakannya? Cari tau apa permasalahan inti dari semua ini sampai kita tidak menganggap diri kita belum meraih kesuksesan dan kekayaan? Apakah ini semua disebabkan karena kita kurang bersyukur, atau kita memang perlu mengembangkan diri untuk lebih baik lagi? 
 
Nah, setelah membaca 10 cara yang dilakukan orang sukses untuk menjadi semakin kaya, kira-kira rekan-rekan pembaca tertarik tidak untuk menerapkannya juga? Jika “ya”, Yuk bersama-sama kita terapkan semua cara di atas ke dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Happiness

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

Self Improvement

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

Self Improvement

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

Self Improvement

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

Self Improvement

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

10 Kebiasaan Milenial yang Berbeda dengan Baby Boomers

Generation Millennials & Z

10 Kebiasaan Milenial yang Berbeda dengan Baby Boomers

4 Pertanyaan yang Meyakinkan Pentingnya Inovasi bagi Bisnis Anda