Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Emotional Intelligence Membantu Menghadapi Ketidakpastian

10 Cara Emotional Intelligence Membantu Menghadapi Ketidakpastian


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Tentang Emotional Intelligence atau Kecerdasan Emosional
Sebagian orang mengenal emotional intelligence atau kecerdasan emosional lebih dalam ketika mereka mencari tahu perbedaan IQ dan EQ. Pengertian kecerdasan emosional adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mengenali dan mengendalikan rasa emosi yang ada pada dirinya dan orang lain. Emotional Intelligence atau kecerdasan emosional juga dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk mengenali setiap perasaan yang kita rasakan dan memberi perasaan tersebut label yang tepat, sehingga kita dapat mengendalikan pemikiran dan perilaku kita dengan baik. 
 
Beberapa contoh kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah bersikap jujur terhadap diri sendiri, percaya diri, memiliki rasa empati, peduli dengan diri sendiri, dan lain sebagainya. 
 
Hubungan antara Emotional Intelligence dengan Kemampuan dalam Menghadapi Ketidakpastian
Sudah banyak para peneliti yang berusaha untuk membuat studi tentang emotional intelligence atau kecerdasan emosional, sehingga mereka menuliskan hasil penelitian mereka ke dalam jurnal kecerdasan emosional atau makalah kecerdasan emosional. Salah satu fungsi kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah dapat membantu kita dalam menghadapi stres.
 
Perasaan stres yang banyak dialami oleh orang lain adalah hasil dari ketidakpastian yang terjadi di dalam kehidupan mereka. Yap! Ketidakpastian memang menjadi suatu hal yang sering dipusingkan oleh para individu yang hidup di zaman modern seperti kita ini. 
 
Ketika otak kita dihadapi dengan ketidakpastian, secara otomatis rasa ketakutan dan kekhawatiran tumbuh di dalam diri kita. Meskipun begitu, tenang saja karena kita semua memiliki kemampuan untuk mengesampingkan pikiran-pikiran irasional tersebut. 
 
Memang benar bahwa ketika kita menghadapi ketidakpastian, tanpa kita sadari otak kita telah mendorong diri kita untuk bereaksi berlebihan. Akan tetapi, orang-orang sukses dengan berhasil dapat mengontrol pikiran mereka ke dalam pemikiran yang lebih rasional, dan untuk melakukan semua itu kita memerlukan emotional intelligence (EQ) atau kecerdasan emosional. 
 
Jadi, tidak mengherankan jika penelitian yang dilakukan oleh TalentSmart menunjukkan bahwa dari 1 juta responden yang diteliti dalam studi tersebut, 90% karyawan berprestasi menunjukkan bahwa mereka memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang sangat baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang kita miliki, kita perlu menjadi seseorang yang pandai dalam membuat keputusan yang baik dan tepat, sehingga segala ketidakpastian yang datang dapat kita hadapi dengan mudah. Dengan kata lain, setiap dari kita sangat perlu memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional. 
 
Menurut website entrepreneur dot com, ada 10 cara bagaimana emotional intelligence atau kecerdasan emosional dapat membantu kita dalam menghadapi segala ketidakpastian yang ada. 

1. Emotional Intelligence Membantu Kita untuk Tetap Positif. 
Setiap orang yang memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang baik akan tetap berpikir positif, meskipun terlalu banyak ketidakpastian yang datang ke dalam hidupnya. Dalam hal ini, emotional intelligence akan membantu menenangkan pikiran kita dan mengurangi rasa takut juga khawatir yang sedang kita rasakan. Ketika perasaan takut hilang, maka segala pemikiran irasional juga dapat dikendalikan. Hasilnya, pikiran kita hanya terfokus pada hal-hal penting yang positif dan terhindar dari beban stres. 
 
Untuk membuat emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang kita miliki tetap mengarahkan kita pada pikiran-pikiran positif, maka kita perlu memikirkan hal-hal menyenangkan yang terjadi pada hari itu, kemarin, atau hari-hari sebelumnya yang dapat mengingatkan kita bahwa hidup tidak selalu menawarkan ketidakpastian. Walaupun hidup memang penuh dengan segala perubahan secara instan. 
 
2. Emotional Intelligence dapat Menenangkan Sistem Limbik Kita. 
Dalam menghadapi ketidakpastian, sistem limbik di dalam otak kita akan merespon segala ketidakpastian yang ada dengan reaksi ketakutan yang spontan. Celakanya, segala ketakutan tersebut dapat menghambat kita dalam mengambil keputusan yang terbaik
 
Nah, orang-orang yang memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang tinggi dengan mudah akan melabeli segala pemikiran irasional yang ada dan mengendalikannya dengan berfokus pada informasi-informasi valid (fakta). Mereka juga meyakinkan diri mereka bahwa segala ketakutan tersebut tidak akan membantu menyelesaikan apapun. Sehingga, kecerdasan emosional akan membantu mereka untuk menenangkan diri dan terjauhkan dari segala rasa takut. 

3. Emotional Intelligence dapat Membantu Kita Memahami Hal-Hal yang Tidak Bisa Dikendalikan
Seringkali ketidakpastian membawa kita menjadi seorang yang penakut, dan rasa takut membawa kita pada pengambilan keputusan yang kurang tepat. Konsekuensinya, keputusan yang kurang tepat akan membawa kita pada kegagalan. Dalam hal ini, kita perlu tahu bahwa kegagalan bisa datang karena dua hal. Pertama, kita bisa mengendalikan suatu hal, namun kita malas untuk mengendalikannya sehingga kegagalan muncul. Kedua, kita sudah berupaya dengan baik, namun ada beberapa hal yang memang tidak bisa kita kendalikan sebagai manusia biasa. 
 
Nah, yang sering terjadi di dalam kehidupan kita adalah kita menjadi pribadi yang suka menyalahkan diri sendiri terhadap hal-hal yang memang di luar kendali kita, sehingga tidak sedikit dari kita yang jatuh ke lubang stres dan kesedihan. Orang-orang dengan emotional intelligence atau kecerdasan emosional dapat menghindari hal tersebut dengan sangat baik. Mereka tidak akan menyalahkan diri sendiri atas kegagalan atau hal-hal lain yang terjadi di luar sadar atau kendali mereka sebagai manusia. 

4. Emotional Intelligence Membantu Kita Menyadari Apa yang Kita Ketahui dan Apa yang Tidak Diketahui.
Ketidakpastian sering datang silih berganti, terutama di era modern seperti sekarang ini yang selalu menawarkan perubahan secara tiba-tiba. Seringkali ketidakpastian membuat kita sulit untuk menentukan sebuah kepastian. Namun, hal tersebut akan jarang terjadi pada para individu yang memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang tinggi. Orang-orang yang unggul dalam mengatur emosinya akan mengelola segala ketidakpastian dengan mengecek apa saja hal-hal yang mereka ketahui dan apa yang tidak pernah mereka pahami sebelumnya. Mereka mulai dengan mengumpulkan fakta-fakta yang ada dan dilanjutkan dengan menentukan langkah terbaik untuk mengabaikan hal-hal tidak penting yang tidak perlu masuk ke dalam pikiran mereka. 

5. Emotional Intelligence Membantu Kita untuk Fokus pada Hal-Hal yang Penting. 
Emotional intelligence atau kecerdasan emosional bukan hanya membantu kita untuk menyeleksi hal-hal yang kita ketahui dan yang tidak kita ketahui, sehingga segala ketidakpastian akan menghindar dari hidup kita. Namun, emotional intelligence atau kecerdasan emosional juga membantu kita untuk lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting. Sehingga, otak kita tidak akan merespon hal-hal yang tidak pasti secara berlebihan. Para individu yang hebat dalam mengontrol emosi mereka tidak akan membiarkan diri mereka untuk terjebak di dalam hal-hal tidak penting yang mungkin dapat membuang energi, waktu dan pikiran mereka. 

6. Emotional Intelligence Menjadikan Kita Lebih Bijak dalam Menghadapi Permasalahan. 
Di mana kita memusatkan perhatian yang kita miliki, maka disitulah keadaan emosi kita akan ditentukan. Ketika kita terlalu memikirkan sebuah permasalahan, maka pikiran ini akan membawa kita ke dalam tingkat produktivitas yang rendah. Orang-orang yang pandai dalam mengelola emosi mereka tidak akan berlarut-larut dalam memikirkan masalah. Bukan berarti mereka lari dari permasalahan yang ada, namun mereka tidak mempersulit keadaan, melainkan fokus untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Orang-orang yang cerdas secara emosional tidak akan pernah membiarkan diri mereka untuk sibuk dengan ketidakpastian yang sedang mereka hadapi. Sebaliknya, mereka memusatkan semua perhatian dan upaya mereka pada apa yang dapat mereka lakukan.  
 
7. Emotional Intelligence Menyadarkan Kita bahwa Tidak Ada Hasil yang Sempurna.  
Para pribadi yang cerdas secara emosional tidak menetapkan kesempurnaan sebagai target dalam kehidupan mereka. Pengendalian emosi yang mereka miliki membuat mereka tersadar bahwa setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Selain itu, ada hal-hal yang tentunya tidak bisa kita kendalikan sebagai manusia biasa. Oleh karena itu, emotional intelligence atau kecerdasan emosional membantu kita untuk mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan apa yang kita bisa, yaitu tanpa mengharapkan kesempurnaan. Ketika ketidakjelasan datang melanda, kita tahu apa yang sudah kita berikan adalah upaya terbaik yang kita miliki. 

8. Emotional Intelligence Membimbing Kita untuk Mendengar Kata Hati di Saat yang Tepat. 
Banyak orang mengatakan bahwa “kata hati (intuisi) tidak akan pernah salah”. Itu memang benar! Namun, kita harus pintar-pintar dalam membedakan mana yang termasuk ke dalam kata hati (intuisi) dan mana yang hanya sekedar asumsi. Orang-orang yang cerdas secara emosional dapat membedakan keduanya dengan baik, sehingga mereka akan mengambil keputusan yang tepat karena sesuai dengan hati nurani mereka. 
 
Contohnya, Albert Einstein selalu pergi berlayar untuk mendapatkan ide-ide terbaiknya melalui kata hati dan Steve Jobs selalu pergi berjalan-jalan ketidak dirinya dihadapkan dengan ketidakpastian. Dengan kata lain, kecerdasan emosional atau emotional intelligence akan membantu seseorang untuk bersikap tenang dalam menghadapi ketidakpastian dan mendengarkan kata hati mereka di waktu yang tepat. 
 
9. Emotional Intelligence Membantu Kita untuk Membuat Rencana Darurat. 
Para individu yang cerdas secara emosional menyadari dengan baik bahwa setiap manusia pasti pernah keliru atau membuat kesalahan. Hal ini membuat semua manusia pernah membuat keputusan yang salah. Mereka yang memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional akan bersikap cepat dan tanggap untuk merancang rencana darurat ketika mereka tersadar bahwa mereka telah melakukan kesalahan. Ketidakpastian yang hadir di dalam hidup tidak akan membuat mereka meratapi kesalahan tersebut, melainkan segera memperbaikinya dengan rencana baru. 
 
10. Emotional Intelligence Membuat Kita Tidak Bertanya “Bagaimana Jika?” pada Diri Sendiri. 
Para individu dengan emotional intelligence atau kecerdasan emosional yang baik sangat sadar bahwa pertanyaan “bagaimana jika” hanya akan membuat mereka semakin tenggelam dalam ketidakpastian. Sehingga, mereka sangat menjauhi pertanyaan ini dan fokus dalam mengambil tindakan yang dapat menenangkan diri mereka, menghindari stres dan tetap mengontrol diri mereka dengan baik.
 
Kemampuan untuk mengendalikan atau menghadapi segala ketidakpastian dalam hidup adalah kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Kami harap rekan-rekan pembaca menjadi semakin bersemangat untuk kuat dan tegas dalam menghadapi segala ketidakpastian yang ada di dalam hidup, terutama setelah membaca artikel ini. Selamat mencoba 10 cara di atas ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
10 Cara Membangun Customer Engagement

Customer Service

10 Cara Membangun Customer Engagement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

Self Improvement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu