Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Ampuh Mengubah Sikap Seperti Orang Sukses

10 Cara Ampuh Mengubah Sikap Seperti Orang Sukses


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Sikap adalah salah satu unsur yang sangat diperhatikan oleh banyak orang. Bahkan beberapa orang dengan mantap mengatakan bahwa sikap yang baik jauh lebih penting dari pendidikan yang tinggi. Ibaratnya, buat apa berpendidikan tinggi kalau adab atau sikapnya tidak sopan. 
 
Sebagai orang Asia, sikap yang baik dan sopan memang sangat dijunjung tinggi di dalam masyarakat. Kita terkenal sebagai masyarakat yang menjaga sikap dengan baik, terutama sikap dengan orang asing yang sangat ramah dengan mereka. Selain itu, kebanyakan dari kita percaya bahwa sikap yang baik akan membawa kita kepada tangga kesuksesan. 
 
Di sisi lain, tidak hanya sikap yang baik sebagai penentu kesuksesan. Sikap kita dalam mengejar impian hidup dan sikap saat menghadapi banyaknya rintangan yang datang menjadi pembeda dalam menentukan apakah impian kita akan menjadi sukses atau gagal.
 
Dalam artikel ini, saya mengajak semua pembaca Career Advice untuk menelaah bagaimana sikap yang sangat penting untuk diterapkan dalam mengejar kesuksesan dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengubah sikap yang dimiliki sekarang agar menjadi orang yang sukses. 
 
Yuk, kita simak 10 cara ampuh di bawah ini yang dapat membantu saya dan rekan-rekan Career Advice untuk mengubah sikap, seperti sikapnya para orang sukses. 
 

1. Coba Lihat, Apa Saja Kebiasaan Orang-orang Sukses?

Salah satu kiat untuk menjadi orang sukses adalah mengikuti apa yang orang sukses lakukan. Inilah pentingnya memilih teman yang bisa membawa kita kepada kesuksesan. Seorang pemalas tidak akan berteman dengan mereka yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Orang-orang yang sukses pastinya memiliki tiga kebiasaan atau lebih yang dapat membawa mereka kepada tangga kesuksesan. 
 
Kuncinya terletak pada kebiasaan sehari-hari yang mereka terapkan, kita dapat mengendalikan rutinitas apa yang ingin kita lakukan dan apa yang ingin kita tinggalkan, dengan melihat dampak dari tiap aktivitas yang dilakukan. 
 
Sebagai contoh, pembaca sangat mengagumi pebisnis ulung yang namanya sangat terkenal dengan kesuksesannya, coba lihat kebiasaan apa yang dia terapkan setiap harinya. Apakah itu membaca koran setiap pagi? Berkumpul dengan keluarga setiap pulang kerja? Tidak pernah meninggalkan sarapan? Atau hal-hal lainnya yang selalu mereka lakukan. 
 

2. Setiap Harinya, Jangan Lupa Buat Daftar Tugas

Daftar tugas harian berperan sebagai tujuan yang harus dicapai oleh setiap orang setiap harinya. Sangat penting untuk semua orang memiliki daftar tugas ini. Waktu sehari 24 jam yang diberikan oleh Tuhan kepada kita, tidak boleh di sia-siakan begitu saja. Tidak peduli apakah pembaca Career Advice adalah seorang wanita karier atau ibu rumah tangga, daftar tugas harian sangat perlu dimiliki. 
 
Waktu yang paling tepat untuk membuat daftar tugas adalah malam sebelumnya. Dengan melakukan ini, saat kita tertidur, alam bawah sadar kita akan mulai bekerja pada daftar tugas untuk keesokan harinya. Jangan lupa pada akhir hari, buat daftar tugas selanjutnya untuk keesokan hari, ya. 
 

3. Kira-kira, Apa Tugas yang Harus Diprioritaskan? 

Saat sedang membuat daftar tugas, ternyata ada banyak sekali tugas yang harus rekan-rekan pembaca kerjakan. Wah, pusing kepala untuk menetapkan tugas mana yang harus diletakkan di nomor pertama dan yang di nomor terakhir. 
 
Tidak semua aktivitas atau tugas yang pembaca Career Advice miliki harus diselesaikan hari itu juga. Ingat, kita memiliki waktu terbatas setiap harinya hanya ada jatah 24 jam, tapi bukan berarti dengan terbatasnya waktu, kita membiarkan waktu itu berlalu begitu saja. Coba pilih tiga atau lima tugas yang diprioritaskan setiap harinya, jadi pembaca juga tidak akan kewalahan dengan segala tugas yang dimiliki. 
 

4. Selalu Dalam Situasi yang Positif

Tidak jarang rentetan situasi yang buruk membuat mood kita menjadi sangat buruk. Rasanya ingin berteriak sekencang-kencangnya. Kondisi seperti ini seringkali menghalangi kita untuk memperbaiki sikap menjadi baik, sehingga kesuksesan terasa semakin jauh untuk diraih. 
 
Nah jika pembaca Career Advice pernah atau sedang mengalami situasi ini, coba cari sesuatu yang dapat membuat kita tetap pada situasi yang positif. Misalnya, ikut kelas yoga, berkumpul dengan grup orang-orang yang positif atau melakukan meditasi di rumah secara rutin selama 10-15 menit. 
 

5. Menghindari Orang-orang Negatif

Apakah pembaca Career Advice pernah mengeluh? Mengeluh adalah hal yang sangat wajar dilakukan oleh manusia. Terutama saat mereka menghadapi situasi yang tidak mereka sukai. Namun, kalau terus-terusan mengeluh apalagi sampai setiap menit selalu mengeluh hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dikeluhkan, ini akan mengganggu fokus orang lain. 
 
Tidak ada orang yang senang berdekatan dengan seseorang yang hobinya mengeluh terus. Pasti kuping kita akan capek mendengarnya. Jika pembaca Career Advice termasuk dalam kategori ini, coba ubah sikap. Dan, apabila rekan pembaca bertemu dengan individu yang seperti ini, akankah lebih baik jika Anda menjauhi orang yang seperti ini. 
 
Hukum universal akan selalu berlaku, yang mana "suka akan menarik suka", “positif akan menarik hal yang positif juga”. Jadi, ketika kita berada dalam suasana hati yang positif, kita akan menarik hal-hal positif lainnya. Ketika pikiran negatif muncul dalam pikiran, biarkan saja pikiran itu pergi dan berganti dengan pikiran positif yang mendukung tujuan kita.
 

6. Jangan Lupa Perhatikan Apa yang Kita Makan, Ya! 

Apakah pembaca Career Advice suka berkuliner dengan keluarga atau teman-teman dekat? Jika “ya”, sah-sah saja. Tidak ada yang salah dalam hal itu, namun akankah lebih baik lagi jika rekan pembaca makan makanan yang baik untuk otak. 
 
Kenapa begitu? Karena dengan memilih makanan yang baik untuk otak, ini dapat menciptakan aura positif untuk diri kita loh. Wah, keren juga ya. 
 
Ada hubungan emosional dari makanan yang berkaitan dengan aroma, tekstur dan tampilan makanan yang menyenangkan secara visual. Ini memberikan korelasi yang kuat atas sikap kita dan makanan yang kita makan. Coba makan makanan super ke dalam pola makan kita. Kira-kira apa saja ya makanan super yang dimaksud?
- Maca: Ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stres, menyeimbangkan kadar hormon dan memberi kita energi dengan jumlah yang besar, serta daya tahan yang baik.
- Acai: Ini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan otak, meningkatkan kolesterol dan melawan racun berbahaya.
- Air kelapa: Dengan memiliki sifat antivirus alami, ini juga dapat membuat kita tetap terhidrasi dan awet muda.
- Biji chia: Ini sangat bagus untuk mendetoksifikasi dan membuang semua racun dan kotoran dari tubuh.
- Goji berry: Ini dapat meningkatkan penglihatan. 
 
Selain lima makanan super di atas, masih ada banyak makanan super lainnya yang dapat kita konsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatan pada tubuh dan mental kita. 
 

7. Olahraga juga Sangat Berpengaruh Loh!

Jika pembaca Career Advice sudah mencoba untuk makan makanan yang sehat, ini tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan olahraga yang cukup. Olahraga juga merupakan salah satu faktor pendukung agar kita dapat mengubah sikap dan menuju kesuksesan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti para binaragawan atau atlet, cukup dedikasikan waktu 30 menit untuk berolahraga ringan. 
 
Beberapa manfaat dari berolahraga untuk mental kita adalah sebagai berikut: 
- Dapat mengurangi stres dan kecemasan
- Dapat meningkatkan kebahagiaan
- Dapat meningkatkan kepercayaan diri
- Dapat meningkatkan kekuatan otak, mempertajam ingatan dan mencegah penurunan kognitif.  
 
Olahraga juga tidak harus dihabiskan dengan berlari di tempat di atas treadmill atau pergi ke gym, kita bisa berjalan di tepi danau, berkebun, mengendarai sepeda di sepanjang pantai, membawa barang belanjaan, naik tangga, zumba atau senam aerobik dengan musik favorit kita. 

8. Baca Buku atau Nonton Video yang Informatif

Daripada buka media sosial dan membanding-bandingkan diri kita dengan pencapaian yang orang lain dapatkan, lebih baik kita mengganti kebiasaan tersebut dengan membaca buku-buku yang dapat membuka pikiran kita untuk terus berkembang. “Tapi saya selalu mengantuk setiap kali mencoba untuk membaca buku”. Hmm, jika pembaca Career Advice memang tidak suka membaca buku, maka rekan pembaca bisa menggunakan aplikasi YouTube nya untuk mengakses video-video ilmu pengetahuan yang penuh dengan informasi-informasi baru yang menarik. 
 

9. Yuk, Kita Tingkatkan Keterampilan Sosial 

Sebagai makhluk sosial, membangun hubungan dengan orang lain akan membantu kita mengurangi stres dan kecemasan dalam hidup. Bahkan, penelitian ini didukung dengan data-data valid bahwa kebanyakan orang-orang sukses adalah mereka yang memiliki keterampilan sosial yang sangat baik. Yuk, kita coba tingkatkan keterampilan sosial para pembaca agar tangga kesuksesan semakin dekat untuk diraih. 
 

10. Berlibur 

Berlibur memiliki korelasi yang kuat dengan kesuksesan. Jika cara-cara di atas masih tidak ampuh untuk membantu kita mengubah sikap, mungkin ini saatnya bagi kita untuk berlibur dan menjernihkan pikiran saat berlibur. Siapa tahu sepulang dari liburan, rekan-rekan Career Advice bisa mendapatkan semangat yang berkobar untuk mengubah sikap menjadi lebih baik. 
 
Ok, itu dia sepuluh cara ampuh yang dapat membantu rekan-rekan Career Advice dalam mengubah sikap. Perubahan sikap yang dilakukan ini bukan sekedar perubahan yang biasa-biasa saja, namun ini adalah perubahan sikap yang dilakukan sepenuh hati untuk mencapai tujuan-tujuan hidup yang kita miliki. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kita sama-sama mengubah sikap kita menjadi lebih baik, semangat ya.