Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Alat SEO yang Sangat Berguna untuk Bisnis Anda

10 Alat SEO yang Sangat Berguna untuk Bisnis Anda


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

SEO, Apakah Artinya?
Mungkin kata ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun, apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Namun, agar pengertian SEO menjadi lebih jelas untuk dipahami, yuk kita simak apa saja yang dikatakan oleh para ahli tentang definisi SEO. Pengertian SEO menurut para ahli cukup beragam, namun tentunya memiliki inti yang sama. Menurut Neil Patel, SEO merupakan suatu seni yang unik dalam mempelajari dan memahami search engine, dimana kita akan menggunakan suatu pengetahuan, strategi dan trik tertentu dalam membantu website memiliki peringkat yang lebih tinggi di dalam search engine. Selain itu, Rand Fishkin juga memberikan pendapatnya terkait definisi SEO. Baginya, SEO adalah suatu kombinasi gabungan dari taktik dan strategi yang mencakup, namun tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kefokusan pada konten, penargetan audiens (pengunjung), desain, penelitian kata kunci, penempatan kata kunci, pemasaran media sosial, dan lain sebagainya.  
 
Secara tidak langsung, manfaat SEO adalah memaksimalkan proses optimasi terhadap suatu website dan segala hal yang berkaitan di dalam website tersebut seperti, konten, sistem dan lainnya, untuk bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan lebih bagus di dalam mesin penelusuran (search engine) seperti, Google. 
 
Apakah SEO Perlu Dimiliki dalam Suatu Bisnis? 
Jawabannya, tentu saja sangat diperlukan. Mengapa demikian? Perkembangan teknologi serta perubahan yang selalu datang silih berganti mengharuskan para pebisnis dan pengusaha untuk memiliki konten-konten yang unggul dari para kompetitornya. Sebagai seorang pemilik bisnis, berinvestasi dalam strategi optimasi mesin pencari yang tepat (SEO) dapat membawa bisnis kita ke tangga kesuksesan. Coba deh bayangkan jika bisnis kita semakin maju dan terkenal karena semakin banyak orang yang tau dan membeli produk serta layanan jasa kita, pasti sangat menyenangkan bukan? Nah, hal ini bisa kita dapatkan ketika kita mau berusaha dengan keras dan berinvestasi dalam menaikkan peringkat website kita dengan menggunakan SEO yang tepat. 
 
Dengan kata lain, SEO adalah suatu keterampilan yang sangat penting di dalam dunia bisnis modern saat ini. Akan tetapi, merekrut manajer SEO atau merekrut konsultan pemasaran digital memang akan memakan biaya yang lebih sih. Namun jangan khawatir rekan-rekan, karena artikel ini akan menjelaskan beberapa alat SEO yang sangat berguna untuk bisnis rekan-rekan pembaca. Dilansir dari website business news daily dot com, ada 10 alat SEO yang bermanfaat dan membantu pertumbuhan bisnis Anda, yuk kita simak apa saja jenis-jenis SEO yang dimaksud. 
 
1. Alat SEO: Google
Alat SEO pertama dan paling utama adalah Google. Ya, siapa sih yang tidak kenal dengan alat SEO yang satu ini? Kami yakin hampir seluruh orang di dunia tahun alat SEO yang satu ini. Secara umum, Google adalah mesin pencari yang paling sering digunakan ketika seseorang berselancar di internet. Nah, Google memiliki dampak yang sangat besar di dalam strategi SEO, terutama ketika terjadi perubahan algoritma. Hebatnya, Google menyediakan begitu banyak layanan yang bermanfaat dan bisa kita gunakan untuk mengumpulkan data, serta menganalisis data-data yang berkaitan dengan situs web bisnis kita dengan melihat performa web. Sshhtt! Semuanya bisa kita dapatkan secara gratis loh. Google juga memiliki beberapa jenis seperti: 
- Google Trends:  Alat SEO satu ini dapat membantu kita dalam mencari kata kunci yang tepat, membandingkan kata kunci dan menganalisis bagaimana para pengguna internet mencari kata kunci di dalam Google. Tidak hanya itu, Google Trends juga sangat membantu kita dalam membandingkan performa bisnis kita dengan para kompetitor. Jadi, jangan sia-siakan alat SEO ini ya. 
 - Google Analytics: Alat SEO satu ini dapat membantu kita dalam menyediakan data-data yang mendalam tentang performa situs web bisnis yang kita miliki. Alat SEO ini bisa menganalisis beberapa hal seperti tampilan halaman website, bagaimana pengguna internet menjangkau situs web bisnis dan informasi tentang audiens kita. Wah, cukup teliti juga ya!
- Search Console: Apakah rekan pembaca pernah mendengar alat SEO ini? Google Search Console dapat membantu situs web bisnis menjadi lebih mudah untuk ditemukan di dalam internet. Secara tidak langsung, dapat memastikan situs bisnis kita dapat dijangkau di Google dan menggunakan data-data yang valid untuk mengetahui produk atau layanan jasa mana yang paling sukses dan dicari di dalam situs bisnis kita.
- PageSpeed Insights: Melalui alat SEO ini, Google dapat membantu menganalisis seberapa cepat laman web bisnis kita dan Google juga akan memberikan saran yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan kecepatan penampilan laman web di desktop, serta ponsel. Disadari atau tidak, kecepatan halaman situs web bisnis kita juga akan mempengaruhi SEO loh! Jadi, sangatlah penting bagi kita untuk terus meninjau kinerja web bisnis kita melalui alat SEO ini.
 
2. Alat SEO: Ahrefs.
Ada yang pernah mendengar alat SEO ini sebelumnya? Bagaimana cara kerja SEO ini? Ahrefs memiliki keunggulan fitur dengan menampilkan informasi tentang para kompetitor bisnis kita. Dengan menganalisis aktivitas para kompetitor kita, kita bisa memiliki pencerahan ide yang jauh lebih baik dalam menentukan strategi SEO. Oh ya, tidak hanya itu loh. Ahrefs dapat membantu kita untuk menemukan kata kunci yang berdampak tinggi dan memeriksa backlink. Alat SEO yang satu ini memiliki keunggulan analitik yang canggih sehingga kita bisa melacak situs web bisnis kita. 
 
3. Alat SEO: Moz Pro.
Alat SEO yang ketiga ini dapat membantu kita untuk lebih memahami SEO dengan mencari tahu bagaimana cara menggunakan SEO, bagaimana cara meningkatkan strategi SEO kita dan membantu kita dalam menganalisis sebuah tren di dalam industri. Nah dengan menggunakan Moz Pro, para pebisnis dapat menemukan kata kunci yang disarankan dengan kata kunci yang cocok dengan target bisnis kita. Moz Pro juga membantu kita dalam melacak peringkat situs web bisnis kita, serta mencari tahu tentang adanya kesalahan atau masalah di dalam situs web bisnis kita.
 
4. Alat SEO: Screaming Frog SEO Spider.
Dikarenakan alat SEO ini gratis, maka tidak ada salahnya deh jika kita menggunakan alat SEO ini sebagai tambahan pendukung untuk pertumbuhan bisnis kita. Apa kegunaan alat SEO ini? Screaming Frog SEO Spider adalah alat SEO yang dapat membantu kita dalam menemukan masalah atau kerusakan dalam tautan link website bisnis kita. Alat SEO ini memungkinkan kita untuk menganalisis judul halaman dan metadata, sehingga kita bisa mendeteksi apakah ada halaman website yang hilang atau mungkin double. Perlu diketahui bahwa alat SEO ini terintegrasi dengan Google Analytics, sehingga kita bisa mentransfer data-data ke dalam profil analitik secara keseluruhan. Bagi rekan pembaca yang mau menggunakan alat SEO ini, alat SEO ini ada yang gratis dan berbayar kok, sehingga bisa dipilih sesuai keperluan bisnis Anda.  
 
5. Alat SEO: Optimizely.
Alat SEO yang satu ini adalah alat pengujian A / B yang dapat digunakan bisnis untuk memperbaiki situs web mereka. Pengujian A / B adalah metode yang digunakan oleh pemasar digital dan perancang web untuk menganalisis dua jenis laman web atau situs web, yang nantinya mereka akan menentukan bagian mana yang lebih baik untuk bisa diterima oleh para audiens dengan menggunakan analisis langsung. Eits, tidak hanya itu loh. Bahkan ketika ada perubahan meskipun hanya perubahan yang sedikit saja, seperti warna yang disesuaikan atau elemen desain yang berbeda, maka pengujian A / B ini bisa memberikan kita informasi yang bermanfaat. Jadi, bagi rekan pembaca yang ingin meningkatkan kualitas situs web bisnisnya, jangan lupa gunakan alat SEO ini.
 
6. Alat SEO: Answer the Public. 
Sama seperti namanya, alat SEO yang satu ini adalah perangkat gratisan yang bisa membantu bisnis kita dalam mencari tahu tentang “apa sih yang dicari tau oleh para audiens?” Alat SEO ini juga bisa membantu kita dalam menemukan kata kunci yang tepat, saling bertukar ide-ide terkait konten dan memahami bidang kita secara keseluruhan. Answer the Public sangat tepat untuk dipasangkan dengan Google Trends, yang dapat memberitahu kita tentang seberapa populer topik, istilah atau suatu penelusuran bila dibandingkan dengan kata kunci yang lainnya.
 
7. Alat SEO: SEMRush.
Alat SEO yang ketujuh ini membantu menyediakan kita tentang alat-alat yang bisa digunakan untuk menganalisis data, pelaporan media sosial, serta informasi SEO yang valid tentang situs web bisnis kita. Oh ya, SEMRush ini sangat cocok loh untuk para pemilik bisnis yang sudah pernah memiliki pengalaman dalam SEO sebelumnya. 

8. Alat SEO: UberSuggest.
Beralih ke alat SEO kedelapan, UberSuggest ini adalah generator kata kunci online yang bisa kita gunakan secara gratis. Sama seperti alat SEO Answer the Public, UberSuggest bisa digunakan untuk melakukan brainstorming kata kunci baru dan menganalisis kata kunci yang lama. Hasil pencariannya nanti akan ditampilkan dalam bentuk daftar (list) dan cloud. 
 
9. Alat SEO: Majestic. 
Bagaimana dengan alat SEO yang satu ini? Alat SEO Majestic adalah basis data tautan dengan URL yang diindeks dari seluruh internet. SEO ini memperbarui basis datanya setiap hari, sehingga kita bisa melihat data-data terbaru setiap harinya. Selain itu, alat SEO ini juga membantu kita untuk mendapatkan informasi-informasi penting dari situs web bisnis kita serta situs web para pesaing. Soal harga, Majestic memiliki versi gratis yang bisa kita gunakan. Namun, jika rekan pembaca ingin menggunakan Majestic yang versi lengkapnya, ada juga kok yang berbayar. 
 
10. Alat SEO: HubSpot SEO.
Alat SEO yang terakhir namun tidak kalah kece ini adalah HubSpot SEO. Ini adalah situs web pemasaran dengan menggunakan sumber daya SEO yang banyak, serta pemasaran secara digital. Informasi luas yang dimiliki HubSpot adalah langkah awal yang bagus untuk para pemilik bisnis yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran digital dan strategi SEO. HubSpot SEO menawarkan metrik tentang lalu lintas web, informasi pesaing, dan cara-cara untuk memodifikasi strategi SEO. Keren kan, rekan-rekan?!
 
Nah, itulah 10 alat SEO yang sangat berguna bagi bisnis kita. Jadi, dari 10 alat SEO di atas, SEO mana nih yang menjadi pilihan bisnis Anda? Selamat mencoba alat-alat SEO di atas ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
10 Cara Membangun Customer Engagement

Customer Service

10 Cara Membangun Customer Engagement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

Self Improvement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat