Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting

10 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Pengertian Digital Marketing
Konsep digital marketing atau pemasaran digital sebenarnya sudah sangat terkenal dari beberapa tahun lalu, terutama ketika teknologi semakin menunjukkan kemajuan yang pesat. Lalu, apa itu digital marketing? Digital marketing adalah semua upaya atau kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet dan dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran serta berbagai platform media digital yang memudahkan konsumen atau pelanggan untuk saling berkomunikasi secara online. Digital marketing Indonesia juga sudah mulai merambah sangat luas. Para pebisnis dan pengusaha sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Blog, Whatsapp dan lain sebagainya. 
 
Meluasnya digital marketing juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat. Semakin banyak orang yang membuka jasa digital marketing dan semakin banyak para ahli pemasaran pula yang mengembangkan modul digital marketing, sehingga dapat bermanfaat untuk para pebisnis dalam mengembangkan strategi digital marketing yang mereka perlukan. Bahkan, hasil riset yang dilakukan oleh Mondo (provider teknologi dan digital marketing) menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang memiliki perencanaan untuk menambahkan budget digital marketing perusahaan mereka. Dinyatakan bahwa sekitar 80% perusahaan akan meningkatkan budget digital marketing selama setahun sampai 18 bulan ke depan, yang mana 40% perusahaan akan meningkatkan budget sebanyak 5-10%, 32% perusahaan akan meningkatkan budgetnya 10-25% dan sisa perusahaan yang lain akan menaikkan budget digital marketing mereka setara dengan 0-5%. 
 
Sebenarnya, apa tujuan digital marketing? Sampai-sampai riset mengatakan bahwa lebih dari 50% perusahaan sangat tertarik untuk meningkatkan budget digital marketing mereka. Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas. 
 
Dengan adanya perkembangan ini, kita bisa melihat bahwa menciptakan dan menerapkan digital marketing untuk bisnis sama saja seperti mendukung transformasi digital serta pertumbuhan perusahaan. 
 
Layaknya strategi bisnis yang lain, digital marketing juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para penggunanya. Salah satu tantangan utamanya adalah ruang lingkup dan skala digital marketing itu sendiri. Maksudnya, jika rekan pembaca berminat untuk menerapkan digital marketing, maka rekan pembaca harus memikirkan rencana dan teknik digital marketing seperti apa yang akan digunakan, menentukan jumlah kegiatan digital marketing yang akan dikelola, menentukan konten yang dinamis, menarik, terprogram, dan lain sebagainya. 
 
Meskipun digital marketing juga memiliki tantangan yang cukup berat, namun banyak pengusaha dan pebisnis yang sepakat bahwa digital marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan perusahaan mereka. Menurut website Smart Insights dot com, ada beberapa kelebihan pemasaran digital atau digital marketing yang membuatnya menjadi sangat penting untuk kita terapkan. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa digital marketing sangat penting untuk kita terapkan. 
 
Kenapa Ya Digital Marketing Menjadi sangat Penting?
1. Digital Marketing dapat Memberikan Arah yang Pasti untuk Perusahaan. 
Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting adalah digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, mereka tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka tidak ada bayangan yang tepat tentang tujuan apa saja yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam perihal untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online. Tanpa digital marketing, kita tidak bisa memanfaatkan transformasi teknologi untuk bisa memberikan arah yang jelas pada pertumbuhan perusahaan.
 
2. Jika Tidak Memiliki Digital Marketing, maka Kompetitor akan Meraih Perhatian Pelanggan Kita. 
Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka.
 
Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa. Jadi, jangan sampai para kompetitor kita mendapatkan perhatian dari target pelanggan kita hanya karena kita tidak menggunakan digital marketing atau tidak memaksimalkan penggunaannya yang telah dibangun di awal bisnis. Nah, mulai dari sekarang tetapkan strategi digital marketing yang tepat ya!
 
3. Digital Marketing Membantu Kita dalam Mengenal Target Pelanggan melalui Online. 
Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita. 
 
Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita. Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan kita inginkan. 
 
4. Digital Marketing Memberitahu Informasi yang Rinci tentang Pelanggan. 
Jika Anda dan rekan-rekan bisnis lainnya merasa belum mengenal pelanggan Anda dengan sangat baik, maka penggunaan digital marketing adalah jawabannya. Kita tahu bahwa hampir semua orang setuju media adalah platform modern yang bisa mengukur banyak hal di era modern ini. Contohnya, kita bisa tahu frasa gaul apa yang banyak digunakan oleh karyawan milenial saat ini, produk-produk trendi apa yang banyak dibeli oleh konsumen, dan lain sebagainya. 
 
Fungsi digital marketing bisa melebihi fungsi Google Analytics atau aplikasi lain sejenisnya. Dalam hal ini Google Analytics hanya bisa membantu kita untuk melihat jumlah kunjungan pelanggan atau calon konsumen ke situs web kita, namun bukan memberikan kita gambaran tentang apa yang disukai mereka terhadap situs web kita dan apa yang mereka inginkan di dunia pasar modern ini. Dengan kata lain, digital marketing membantu kita untuk mendapatkan informasi pelanggan secara lebih dalam melebihi Google Analytics. 
 
5. Digital Marketing Membantu Kita untuk Menumbuhkan “Nilai Online” yang Kuat. 
“Eh kamu tau situs web atau akun Instagram itu gak? Banyak banget followersnya, sepertinya produknya bagus deh jadi banyak yang beli”. Pernah tidak rekan-rekan Career Advice mendengar percakapan yang seperti itu? Atau malahan rekan pembaca sendiri yang mengatakan hal tersebut kepada rekan-rekan kerja atau kerabat Anda? 
 
Yap! Dari percakapan singkat di atas kita bisa melihat bagaimana digital marketing akan membantu bisnis atau usaha rekan pembaca untuk memiliki “nilai online” yang kuat. 
 
Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membuat pelanggan lama semakin setia dengan produk kita, dan pelanggan produk lain akan beralih ke produk kita. 
 
6. Digital Marketing dapat Menghemat Anggaran Pengeluaran Perusahaan. 
Hadirnya digital marketing juga membuat budget perusahaan semakin aman dan tidak boros. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk print flyer, iklan-iklan cetak, membuat baliho, dan lain sebagainya (mungkin jumlahnya dapat dikurangi). 
 
Dengan begitu, kita bisa beralih pada digital marketing yang dapat memaksimalkan pencapaian tujuan bisnis kita, namun dilakukan secara online sehingga lebih hemat biaya. 

7. Digital Marketing Membantu Bisnis Anda Terkenal Meskipun Lingkupnya sangat Luas. 
Walaupun perusahaan rekan pembaca memiliki budget yang cukup banyak, namun penerapan digital marketing tetap lebih efektif daripada strategi pemasaran lainnya. Mengapa demikian? Salah satu kelebihan digital marketing yaitu, dapat mempercepat jangkauan pelanggan secara lebih cepat, tepat dan luas. Jika kita melihat geografis Indonesia yang begitu luas dari Sabang sampai Merauke, mungkin kita berpikir bahwa mempromosikan produk dan layanan jasa kita ke seluruh Indonesia adalah hal yang sangat mustahil. Namun, kehadiran digital marketing akan mempermudah segalanya. Penerapan strategi digital marketing yang efektif dan tepat akan membantu bisnis kita semakin berkembang dan terkenal, meskipun lingkupnya sangat luas. 

8. Digital Marketing Membantu Bisnis Kita semakin Dinamis. 
Kita hidup di zaman yang penuh dengan perubahan secara cepat. Jika kita tidak mengikuti perubahan yang yang terjadi atau tidak mau beradaptasi terhadap segala perubahan yang ada, maka kita harus bersiap-siap untuk tertinggal dari para kompetitor. Digital marketing akan membantu kita untuk membaca segala perubahan yang ada melalui media online, sehingga bisnis kita bisa beradaptasi dengan segala perubahan tersebut. 
 
9. Digital Marketing akan Membangun Kepercayaan Pelanggan terhadap Bisnis Kita. 
Bisa dikatakan hampir semua pelanggan yang ingin membeli suatu produk atau memilih layanan jasa, mereka akan mengecek informasi yang tersedia secara online. Mereka akan mengecek melalui situs web, akun Instagram, Facebook, Twitter dan platform sosial lain yang kiranya dapat memberikan informasi serta konten-konten terpercaya. Kabar baiknya, ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan yang tinggi dari para pelanggan terhadap bisnis kita.

10. Digital Marketing dapat Terintegrasi dengan Strategi Pemasaran secara Tradisional. 
Meskipun digital marketing cocok untuk strategi pemasaran secara modern, namun digital marketing juga bisa terintegrasi dengan strategi pemasaran secara tradisional. Maksudnya, kita bukan hanya mengandalkan perkembangan digital untuk mempromosikan produk dan layanan jasa, atau menggunakan media sosial untuk merangkul pelanggan baru yang lebih banyak. Namun, strategi pemasaran secara tradisional tetap bisa digunakan, sehingga strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan akan semakin kuat. 
 
Setelah menyimak 10 alasan pentingnya digital marketing di atas, apakah rekan pembaca sudah siap untuk memiliki atau mengembangkan digital marketing perusahaan Anda? Kami harap bisnis rekan-rekan pembaca semakin sukses dengan penerapan digital marketing yang lebih maksimal. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
10 Cara Membangun Customer Engagement

Customer Service

10 Cara Membangun Customer Engagement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

Self Improvement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence