×
STUDILMU Career Advice - Pertemanan Membantu Anda Dalam Pekerjaan
Self Improvement

Pertemanan Membantu Anda Dalam Pekerjaan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika Anda khawatir tentang PHK di kantor Anda atau hanya ingin merasa sedikit lebih aman bahwa Anda akan memiliki pekerjaan untuk sementara waktu, Anda mungkin berpikir bahwa strategi yang paling bijaksana adalah dengan menundukkan kepala, bekerja keras, dan membuktikan nilai Anda. Anda akan menghindari mengambil waktu untuk sekedar beristirahat ataupun meregangkan otot-otot yang tegang.
 
Penelitian baru-baru ini, oleh asisten profesor di salah satu Universitas di Pennsylvania, menunjukkan bahwa tindakan sosial merupakan hal yang penting bagi keamanan pekerjaan Anda. Penelitian ini mempelajari komunikasi elektronik dari 8.037 karyawan sebuah perusahaan konsultan IT besar selama dua tahun. Salah satu temuan yang paling menarik adalah penemuan yang terkait dengan interaksi sosial dan retensi pekerjaan melebihi nilai keuntungan yang dihasilkan perusahaan.
 
Kata-kata seperti “makan siang bareng yuk,” “bagaimana jika minum kopi?”, dan “kalau main futsal bareng?” merupakan komunikasi sosial dalam berkorelasi dengan retensi pekerjaan yang memiliki rating tertinggi. Jadi, apa artinya ini bagi Anda? Yah, tentu saja itu tidak berarti bahwa ketika Anda mengucapkan kata "main baseball yuk" di email yang Anda kirim ke atasan Anda, akan membantu Anda mempertahankan pekerjaan Anda. Itu juga tidak berarti Anda dapat benar-benar mengesampingkan pekerjaan Anda demi obrolan-obrolan ringan dengan rekan kerja Anda.
 
Tetapi, perkataan ini menunjukkan bahwa ada nilai yang tidak nyata yang berguna untuk membangun hubungan baik di tempat kerja. Jadi, jika Anda berpikir untuk menghabiskan makan siang di meja Anda lagi, pertimbangkanlah untuk meminta rekan kerja yang ingin Anda kenal lebih dalam untuk menghabiskan makan siang bersama Anda. Daripada Anda menghabiskan waktu dengan selalu berbisnis sepanjang waktu dalam rapat dengan atasan Anda, sediakanlah waktu beberapa menit untuk bertanya tentang rencana akhir pekan atau keluarga rekan Anda. Anda juga dapat menghabiskan waktu istirahat untuk pergi ke toko kopi untuk menikmati kopi dan mengobrol bersama. Milikilah waktu beberapa menit di kantor untuk mengobrol dengan karyawan lain.
 
Ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih menyenangkan dan dapat membantu Anda untuk bertahan di pekerjaan Anda lebih lama. Hubungan baik yang Anda miliki akan selalu dapat memberikan semangat bagi Anda dalam bekerja setiap harinya. Bayangkan jika Anda mengalami jalan buntu atau stres namun Anda tidak dapat membagikannya dengan rekan lainnya. Anda pasti akan semakin stres dan ingin meninggalkan pekerjaan Anda dengan segera.
 
Ingatlah bahwa setidaknya Anda memiliki tempat untuk berbagi suka dan duka akan pekerjaan Anda. Anda tidak perlu merasa seorang diri ataupun terjebak dalam situasi yang kelam. Bukankah menjadi teman dengan setiap orang akan membuat hidup Anda lebih bahagia?
 
Periksalah kembali, sudahkah Anda memiliki rekan kerja yang berhubungan baik dengan Anda. Jika ya, Anda akan mempertimbangkan hubungan tersebut sebagai salah satu alasan dalam mempertahankan pekerjaan Anda. Jika tidak, pergi dan carilah teman Anda. Rasakan perbedaan memiliki teman dekat dalam pekerjaan Anda. 

Featured Career Advice