×
STUDILMU Career Advice - Merencanakan Presentasi Efektif
Self Improvement

Merencanakan Presentasi Efektif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Dalam membuat presentasi kita perlu mengetahui jawaban dari beberapa pertanyaan sebagai berikut:
 
Siapa?
Apa?
Kenapa?
Bagaimana?
Dimana?
Kapan?
 
Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu Anda dalam merencanakan sebuah presentasi yang efektif:

Apa?

 
Apa tujuan anda presentasi yang akan anda buat? Apa topik yang diminta?
 

Siapa?


Anda harus mengetahui siapa pesertanya dan berapa banyak. Pemahaman akan latar belakang peserta akan sangat membantu kita mengerti dan menyesuaikan materi presentasi dengan latar belakang peserta.
 

Mengapa?

 
- Tahukah anda mengapa mereka ikut? Atas kemauan sendiri atau hal lainnya.  Pastikan anda mengetahui jawaban pertanyaan ini.
- Mengapa mereka membutuhkan topik ini? Dan apa kepentingan mereka terhadap presentasi yang Anda bawakan. Anda dapat mengkaitkan kepentingan mereka dengan isi dan manfaat presentasi Anda sehingga presentasi Anda bisa semakin sukses.
- Mengapa Anda yang diminta membawakan topik ini? Mungkinkah ada harapan tertentu sehingga Anda yang diminta membawakan presentasi ini?

Bagaimana?

 
Bagaimana penyajiannya? Pastikan peserta mengetahui pont-point yang akan anda sampaikan. Buat presentasi yang simple dan sebaiknya gunakan visualisasi, karena visualisai akan cepat dipahami dan mudah dimengerti. Buat pembukaan yang menarik dan penutupan yang berkesan sehingga pesan yang disampaikan dalam presentasi Anda dapat tersampaikan dengan jelas dan mantap.

Dimana?

 
Dimana diadakannya? Dengan mengetahui lokasi/tempat terlebih dahulu, anda dapat menyesuaikan kesiapan alat bantu penunjangnya seperti: proyektor, audio, dll.
 

Kapan?

 
Kapan presentasi akan diadakan? Pastikan Anda tidak terlambat dan memiliki waktu persiapan sebelum presentasi dimulai. Apakah presentasi diadakan pagi hari atau setelah jam makan siang? dengan demikian Anda bisa menyesuaikan gaya presentasi dan  metode presentasi Anda. Presentasi yang diadakan setelah makan siang sebaiknya dilakukan dengan lebih interaktif.
 
Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentunya presentasi yang akan Anda bawakan akan mudah diterima, dimengerti dan dipahami sehingga kesuksesan presentasi Anda lebih tinggi.
 
Di dalam training nanti Anda akan diajak lebih dalam lagi memahami hal-hal yang harus dilakukan di dalam membuat dan melakukan presentasi.
 
Selamat mempersiapkan training!

Featured Career Advice